Gudeg Yu Djum, Gudeg Istimewa Khas Jogja – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Gudeg Yu Djum, Gudeg Istimewa Khas Jogja – MEDIA24JAM

MEDIA24JAM – Gudeg…gudeg… dan gudeg. Saat Anda berkunjung ke Yogyakarta pastilah Anda kerap menemui penjual gudeg baik yang berada di dalam toko ataupun yang berada di sepanjang jalan yang Anda lalui. Bahkan Anda dapat menemui tiga sentra gudeg yang terkenal di Yogyakarta, antara lain sentra gudeg Wijilan, sentra gudeg Mbarek dan sentra gudeg Manggar yang ada di daerah Bantul.

Ya, Yogyakarta memang kotanya gudeg karena itu Anda akan sangat mudah menjumpainya. Gudeg merupakan kuliner yang dapat dinikmati disaat kapan pun. Untuk acara formal bisa, santai juga ok. Di Yogyakarta Anda dapat menjumpai banyak pedagang gudeg yang berjualan di pinggir-pinggir jalan pada pagi  hari. Dan walaupun ada banyak pedagang gudeg, namun bisa dipastikan tidak ada satupun gudeg kaki lima itu yang sepi pengunjung. Itulah gudeg, bahkan warga gudeg sendiri tidak ada bosan-bosannya menikmati kuliner satu ini.

Baca Juga : Bell Pepper, Tempat Menarik Untuk Berbagai Santapan

Karena banyaknya penjual gudeg, mungkin Anda pun menjadi bingung, mana gudeg yang harus Anda coba. Yogyakarta memang gudangnya gudeg enak, tapi ada satu gudeg yang sangat terkenal, bahkan begitu terkenalnya, sampai-sampai jika pengunjung kota Yogyakarta belum menikmati kuliner ini mereka merasa belum ke Yogyakarta.

Anda penasaran dan ingin tahu gudeg apa itu?  Gudeg itu terkenal dengan nama Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum sangat terkenal karena kenikmatannya. Gudeg Yu Djum dimasak dengan menggunakan kayu bakar, inilah salah satu rahasia mengapa gudeg Yu  Djum ini spesial. Gudegnya merupakan gudeg kering. Gudeg kering maksudnya adalah gudeg yang disajikan dengan arehnya yang kental. Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg plus areh kentalnya, sambal krecek dan lauk.

Lauknya berfariasi tergantung keinginan Anda, ada telur rebus yang sudah dibumbui sehingga rasanya manis, tahu, tempe, suiran daging ayam ,ati rempelo, dan juga potongan bagian-bagian tubuh ayam seperti kepala, dada, paha atas dan sebagainya. Harga satu porsi  gudeg dan lauknya berkisar dari Rp8.000,- sampai Rp30.000,-.

Baca Juga : Beetbeetle Cafe, Tempat Makan dengan Nuansa Taman

Selain bisa dinikmati ditempat, gudeg Yu Djum juga dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Untuk pengemasan, Anda dapat memilih ingin dikemas dengan besek atau pun dengan menggunakan kendil. Untuk satu paket gudeg besek , harganya  dimulai dari Rp35.000,-; sedangkan untuk satu paket gudeg kendil, harganya berkisar Rp90.000,- sampai Rp180.000,-.

Gudeg Yu Djum CT III/22, Jl. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg Srikaton 2, Wijilan no. 31  Jl. Laksda Adisucipto dan juga sebelum perempatan Ring Road Utara Maguwoharjo.

Warung Makan di sekitarnya adalah Gudeg Bu Tjitro, Soto Pak Soleh, dan Soto Kadipiro III.

Baca Juga : Warung Bebek Tepi Sawah, Nikmatnya Bebek Krispi

How to get there:

Untuk sampai di Gudeg Yu Djum yang berada di Jl. Laksda Adisucipto Km 9 no. 6A  tepatnya berada di sebelah barat pasar Sambilegi, And bisa menggunakan bus Trans Jogja, dan Anda harus turun di Shelter Maguwo, kemudian berjalan sekitar 50 meter ke arah timur.

Pos terkait