15 Cara Agar Smartphone Tidak Mudah Rusak Terbaru 2021 – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: 15 Cara Agar Smartphone Tidak Mudah Rusak Terbaru 2021

 

Cara Merawat Smartphone Agar Tidak Gampang Rusak

Ponsel pintar telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan modern saat ini karena digunakan untuk melakukan apapun yang membuat hidup kita lebih mudah dan bahagia. Mereka membuat saya tetap terhubung, mendapat informasi, dan up to date selama kesibukan sehari-hari. Bagi banyak dari kita, smartphone tersebut telah menjadi lebih dari sekedar alat sederhana, jadi kita mungkin harus merawatnya dengan baik layaknya barang elektronik lainnya, seperti kebanyakan orang, ponsel anda praktis merupakan pelengkap. Namun, terlepas dari keberadaan perangkat ini di mana-mana, banyak orang tidak tahu persis bagaimana menyimpannya dalam kondisi prima. 

Dengan berlalunya hari, smartphone mendapatkan peningkatan dan modifikasi yang menjadikannya perangkat yang harus dimiliki bagi sebagian orang. Smartphone memiliki umur rata-rata 4,7 tahun yang relatif singkat. dan fakta bahwa perbaikan sederhana, seperti penggantian layar, dapat menghabiskan lebih dari 800 ribuan sampai 1 jutaan, jika memakai layar Super Amoled maka dompet anda akan menangis, dan anda akan menyadari bahwa memiliki ponsel di era modern bisa menjadi mahal, jadi sebaiknya merawat ponsel anda dengan baik minimal 2 tahun sebelum merusaknya.

Namun, untuk mendapatkan pengalaman ponsel yang luar biasa dalam jangka waktu yang lama, penting untuk menjaga ponsel cerdas kita dalam kondisi fisik dan kerja yang baik. 

Artikel ini bertujuan memberi anda tips untuk menjaga ponsel anda dalam kondisi baik dan tidak gampang rusak. 

1. Membersihkannya dengan Rutin

Jika anda ingin ponsel tetap dalam kondisi baik, Anda harus membersihkannya secara rutin. Untuk membersihkannya, matikan telepon anda demi keamanan, lalu gunakan kain pembersih yang menyertainya. Jika tidak tersedia, anda dapat menggunakan sedikit alkohol dan kain lembut tidak berbulu. Basahi sedikit, tetapi jangan terlalu basah, jangan sampai tercecer cukup membasahi sedikit saja. Jangan pernah menggunakan pelarut pembersih, pembersih rumah tangga, dll. Bersihkan juga jack audio dan speaker tapi jangan memakai air cukup memakai Cotton bud atau kain khusus.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Germs, rata-rata ponsel siswa sekolah menengah yang diteliti memiliki 17.032 salinan gen bakteri di dalamnya, termasuk Staphylococcus aureus yang berpotensi mematikan.

2. Pasang Pelindung Layar

Untuk mencegah kotoran dan debu dari layar, anda bisa mendapatkan pelindung layar. Sisa-sisa serpihan ini dapat merusak layar ponsel anda. Selain itu, ia menawarkan perlindungan maksimal ke ponsel anda dari goresan atau kerusakan apa pun. Jadi, gunakan layar ponsel anda seperti biasa dan baru melalui pelindung layar. Pelindung layar juga berfungsi jika anda sering menjatuhkan smartphone kalian, dan jangan lupa juga memakai pelindung tambahan softcase untuk pelindung tambahan smartphone.

3. Mengosongkan Penyimpanan Internal

Ponsel cerdas memiliki sedikit ruang penyimpanan, walaupun smartphone sekarang memiliki memori internal mencapai 512GB tetap saja anda harus mengosongkan sepertiganya dari total memori yang dimiliki. Atau bisa juga memakai kartu SD tambahan dan memindah file multimedia kedalam kartu memori, Jika memori internal anda penuh itu dapat membuat perangkat tersebut hingga tidak berfungsi atau membuatnya sangat berat jika membuka sesuatu file. Saya pernah membuat memori internal sampai benar-benar kosong, lalu apa yang terjadi? Ya ponsel mejadi Matot (mati total). Semuanya baik-baik saja jika mengosongkan sedikit memori internal. Tanpa ruang penyimpanan yang memadai, perangkat akan mengalami penurunan performa. Selalu perhatikan ruang di perangkat anda dan jika memungkinkan, gunakan kartu SD tambahan.

4. Jangan Membiarkan Ponsel Menjadi Lembab

Kelembaban dan air dianggap musuh bagi ponsel cerdas anda jika belum anti air. Jadi, jangan tinggalkan di tempat-tempat yang kelembabannya tinggi, seperti kamar mandi dan kolam renang karena bisa menyebabkan kerusakan. Sebaiknya tinggalkan saja alih-alih berisiko merusak. Anda juga tidak boleh memegang telepon dengan tangan basah. Dalam kasus kerusakan air, Anda harus membawanya ke tukang ponsel terkemuka untuk memperbaikinya.

5. Jangan Biarkan Ponsel Menjadi Panas

Panas adalah hal terburuk untuk ponsel cerdas anda, tidak hanya merusak baterai ponsel Anda lebih cepat dari apa pun, tetapi juga merusak penampilannya. Jadi, jangan tinggalkan di dalam mobil yang panas atau di tempat lain di bawah sinar matahari langsung. Jangan memainkan game berat di gurun misalnya itu akan merusak komponen ponsel atau yang pertama rusak layar menjadi burn-in atau shadow.

6. Menjaga Baterai Ponsel

Jaga agar baterai ponsel anda tetap terisi penuh jika anda ingin memastikan kinerja baterai di puncak. Jangan mengisi daya baterai secara berlebihan dan selalu isi daya ponsel anda dengan pengisi daya asli. Jangan membiarkannya terisi semalaman, jika anda khawatir baterai rusak jika mengisi baterai ponsel semalaman anda bisa membaca artikel saya sebelumnya mengenai Stop Kontak Timer.

7. Memakai dengan Hati-hati

Layar smartphone adalah apa yang diandalkan untuk mengoperasikan ponsel anda. Namun, mereka sangat halus dan rentan terhadap kerusakan apapun. Jadi, untuk menghindari momen frustasi ketika layar tidak merespons sentuhan anda, pastikan anda selalu menangani ponsel dengan hati-hati. Hindari menggaruk dan memecahkannya dan dapatkan penutup dengan pegangan yang menawarkan pegangan yang lebih baik untuk mencegah jatuh yang dapat merusak layar dan ponsel juga. Jangan pernah membanting ponsel anda ketika Lose Streak saat bermain game, ingatlah penyesalan akan muncul di belakang.

8. Jangan Mengunduh Aplikasi atau File Sembarangan

Untuk memastikan kondisi kerja telepon Anda yang sempurna, Anda harus selalu mengunduh aplikasi dan file media dari sumber yang dapat dipercaya. Jika anda tidak melakukannya, kemungkinan besar ponsel Anda terinfeksi oleh virus atau malware yang dapat merusak ponsel anda secara permanen. Jika ada aplikasi tidak bernama maka kemungkinan besar itu malware.

9. Jangan Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Jangan lupa untuk mengikuti tip ini jika Anda ingin meningkatkan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda, juga, untuk menjalankan ponsel Anda lebih cepat seperti yang baru. Layaknya manusia ponsel juga perlu istirahat, maka matikan ponsel jika sedang mengisi baterai, untuk memperpanjang masa pakai ponsel juga baterainya.

10. Jangan Lupa Rutin Memperbarui Perangkat Lunak 

Baik anda memiliki iPhone atau ponsel pintar Android, perbarui sistem operasinya ke versi terbaru. Versi terbaru perangkat lunak perangkat Anda biasanya dilengkapi dengan perbaikan bug untuk kinerja yang lebih baik dan keamanan yang ditingkatkan juga. Selain pengoptimalan dan kecepatan juga keamanan ponsel juga terjamin.

11. Mengisi Daya Dengan Tepat

Jika anda ingin menikmati pengalaman telepon yang luar biasa, Anda harus mengisi baterai telepon Anda secara optimal. Kebanyakan ahli mengatakan Anda harus menjaga baterai ponsel anda antara 40% hingga 80%. Oleh karena itu, Anda harus mencoba mengisinya dengan sering pada waktu yang berbeda daripada mengisi daya harian hingga 100%. Ini membantu anda menjaga baterai ponsel Anda tetap sehat untuk waktu yang lama. Jangan membiarkan baterai terisi semalaman.

12. Matikan Setidaknya 2x Sehari

Ponsel cerdas seperti komputer dan perlu dihidupkan ulang setiap satu atau dua hari untuk mendapatkan awal yang baru. Dengan melakukan itu, mereka menjadi lebih cepat dan lancar karena semua gangguan telah diperbaiki yang dapat menghambat kinerja perangkat. Jadi, jika anda ingin ponsel anda tetap berfungsi seperti baru, coba cara ini secara teratur mematikan ponsel minimal 2x dalam sehari.

13. Jangan Rooting Ponsel Anda

Sebagian pengguna ingin mengambil kendali atas perangkat mereka sendiri sebanyak mungkin. Untuk melakukannya, mereka lakukan rooting pada ponsel cerdas mereka. Sangat banyak alasan dari mereka untuk melakukan root pada perangkat serta satu alasan untuk tidak melakukannya. Ada kemungkinan kecil bahwa rooting yang asal-asalan juga dapat merusak ponsel. Inilah sebabnya, pada setiap rangkaian instruksi rooting yang anda lakukan, Anda akan melihat peringatan yang seharusnya membuat pengguna rata-rata berpaling dari tindakan. Dalam banyak kasus, ada alat yang membuat rooting menjadi cukup mudah dan sederhana. Tetapi bahkan dengan kesederhanaan itu, Anda dapat menemukan diri perangkat yang menolak berfungsi. Root dengan hati-hati.

14. Jangan Memasukan kedalam Saku Belakang

Untuk beberapa alasan generasi sekarang cenderung memasukkan perangkat mereka ke dalam saku belakang skinny jeans mereka. Risiko pertama yang jelas adalah kerusakan. Jika jeans tersebut tidak memiliki karet yang cukup pada kainnya, dan anda duduk dengan posisi yang salah, perangkat itu bisa patah menjadi dua, atau bisa membuat ponsel menjadi sedikit bengkok. Risiko lainnya adalah karena ukuran kantong yang sangat kecil hampir tidak cukup besar untuk menyembunyikan bahkan untuk sebagian ponsel. Ataupun berdiri terlalu cepat dan telepon akan terlempar jatuh ke lantai. Jangan biarkan kematian akibat celana jeans ketat menjadi akhir dari smartphone anda.

15. Jangan Membiarkan Baterai Sampai Benar-benar Habis

Anda mungkin pernah mendengar berkali-kali bahwa hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk masa pakai baterai ponsel anda adalah membiarkannya mati sepenuhnya sebelum mengisi daya lagi. Melakukannya mungkin sebenarnya lebih buruk untuk ponsel anda. Menurut Samsung , “Secara keseluruhan, dan untuk hasil jangka panjang yang optimal, Anda harus mengisi baterai ponsel anda antara 40 dan 80 persen setiap saat.”

Itulah beberapa tips yang saya terapkan ke smartphone menjadikannya tahan lama minimal ponsel bertahan sampai dua tahun. Terima kasih! Semoga Bermanfaat.

Pos terkait