Tidak Ada Pencairan Bantuan UMKM Tahap III, Ini Kata Kepala Unit BRI Cicurug – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Tidak Ada Pencairan Bantuan UMKM Tahap III, Ini Kata Kepala Unit BRI Cicurug

MEDIA24JAM – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Cicurug kembali didatangi oleh kalangan pedagang. Kedatangan mereka ini untuk mencairkan kembali Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) tahap III.

Pasalnya, para pedagang yang sudah mendapatkan BPUM atau Bantuan UMKM sebesar Rp 1,2 juta itu mendengar informasi bahwa Pemerintah Pusat sudah menyalurkan kembali tahap III.

Tak sampai di situ, mereka juga memastikan bahwa dirinya kembali mendapatkan bantuan tersebut melalui di situs resmi eform.bri.co.id.bpum.

Namun, para pedagang ini pulang dengan tangan kosong, karena pihak BRI Unit Cicurug belum mendapatkan informasi untuk mencairkan kembali BPUM.

Kepala Unit BRI Cicurug, Kemas M Hartawan menjelaskan, dalam penyaluran bantuan ini pihaknya tidak menggunakan istilah tahapan. Kemas berasumsi, bahasa tahapan ini digunakan instansi terkait untuk gelombang pendaftaran BPUM.

“Sekarang lagi rame di luar sana pencarian BPUM tahap III. Namun di BRI belum mendapatkan perintah untuk pencairan. Kami juga dalam pencarian ini tidak menggunakan bahasa tahap. Mungkin bahasa tahapan itu istilah penyalur per gelombang pendaftaran,” ujarnya kepada MEDIA24JAM, Seni (31/5/2021).

Kemas menerangkan, untuk hasil pengecekan melalui situs resmi yang menyatakan mereka mendapatkan kembali BPUM itu karena database tersebut belum diperbaharui. Ia memastikan bahwa BPUM ini disalurkan satu tahun sekali.

“Untuk di eform.bri.co.id.bpum itu tidak langsung hilang datanya, ada waktunya. Nanti secara otomatis data tersebut hilang,” terangnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat atau pedagang untuk tidak datang ke BRI hanya menanyakan pencairan bantuan tersebut. Masyarakat bisa memastikan atau mengecek bantuan itu sudah disalurkan atau belum melalui ATM.

“Kita juga selalu menginformasikan ini kepada setiap nasabah yang datang. Terkecuali, bagi yang belum mengetahuinya hingga datang ke sini,” tandasnya.

Reporter: Syahrul | Redaktur: Ujang Herlan

Pos terkait