Pantai Parangtritis, Sejarah, Lokasi, Tiket dan Pesona Keindahannya

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Pantai Parangtritis, Sejarah, Lokasi, Tiket dan Pesona Keindahannya

Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi pantai paling menarik di Yogyakarta, Parang yang artinya adalah batu atau batu karang. Konon dialek orang Parangtritis mengatakan bahwa batu yang di tepi pantai selatan dinamakan “ Parang “,disitu terdapat tebing atau gunung dulunya mengalir air secara trerus menerus disebut peritisan. 

Pritisan ini adalah air hujan yang mengalir dari genting saat hujan itu disebut “ Tritisan ”,baru para leluhur atau kakek moyang kita dinamakan Parang tritis.

Terdapat Goa Panepen, menurut sejarah goa panepen ini pernah di gunakan oleh Pangeran Diponergoro untuk bertahan dalam perang Griliya melawan Belanda.

Bagi anda yang takut dengan ombak pantai Parangtritis, anda dapat memanfaatkan fasilitas kolam renang yang ada di pinggiran pantai. Tentunya aman dipakai anak-anak dan orang dewasa.

Ada pula balai kambang dan balai kencur. Kedua balai ini dibangun oleh para Raja Yogyakarta yang dapat dimanfaatkan untuk transit atau berhenti pada saat berwisata di Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler Di Yogyakarta

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi pantai Parangtritis dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 27 km disebelah selatan. Rute perjalanan ke Pantai parangtritis dapat ditempuh melalui desa Kretek, yaitu desa yang terletak dipinggir jalan Parangtritis. 

Dari Kota Yogyakarta ambil rute jalan melalui Jl. Parangtritis, ikuti terus jalan tersebut menuju ke selatan sampai ke Pantai Parangtritis. Rute ini merupakan rute tercepat dan mudah untuk ditempuh para wisatawan yang belum begitu hafal jalanan di Yogyakarta.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan yang berbeda dalam perjalanan bisa melalui jalur lain sebelum gerbang retribusi belok ke kanan yaitu melewat jalan pantai Depok dan tembus di gumuk pasir yang lokasi nya tidak jauh dari pantai Parangtritis disitu juga di sajikan pemandangan yang bagus juga.

Setelah melewati gumuk pasir wisatwan bisa langsung menuju ke pantai Parangtritis yang jarak nya tidak jauh dari Gumuk Pasir.

Pantai Parangtritis, Pantai Terpopuler Di Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga tiket masuk pantai Parangtritis terbilang cukup terjangkau, dengan membayar Rp 10.000/orang pengunjung bisa menikmati suasana pantai sesuka hati.

Untuk biaya parkir motor sebesar Rp 2000, dan mobil sebesar Rp 5000.

Pos terkait