Kenapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia? Ini Penjelasannya

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Kenapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia? Ini Penjelasannya

Di era teknologi dan globalisasi seperti sekarang ini, mendapatkan produk-produk dari luar negeri atau buatan luar negeri bukan hal yang sulit dilakukan. Ada banyak sekali produk buatan asing yang telah masuk di Indonesia mulai dari fashion, teknologi, kuliner, hasil seni, dan lain sebagainya.

Tidak hanya produk yang masuk ke Indonesia saja, bahkan kita juga bisa dengan mudah membeli barang dari luar negeri secara online. Hal tersebut sedikit banyak meningkatkan jumlah pembelian produk luar negeri, padahal kita diwajibkan untuk lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan produk luar negeri.

Rasa bangga dan rasa cinta akan produk buatan anak bangsa memberikan banyak keuntungan bagi kita maupun bangsa Indonesia. Kebanggaan dan kecintaan tersebut bahkan juga bisa membuat produk-produk Indonesia mampu bersaing secara Internasional.

Karena hal tersebut tidak heran jika digalangkan program untuk cinta produk dalam negeri. Pasalnya ada banyak alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan Perekonomian Dalam Negeri

Mungkin banyak di antara kita yang merasa bahwa membeli barang dengan harga kecil tidak akan memiliki pengaruh apa-apa. Padahal terkadang sebuah hal kecil bisa memberikan dampak yang besar bagi orang lain. Dalam hal ini, Kamu bisa membantu negeri apabila membeli barang buatan anak bangsa.

Ketika membeli produk lokal, maka produsen atau pengrajin akan tetap mampu memproduksi barang-barangnya. Jadi eksistensi mereka akan tetap ada selama ada orang yang membeli barang.

Hal ini sangat berpengaruh terutama bagi para UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Pasalnya jumlah UMKM yang tidak sedikit bisa membantu menggerakan perekonomian nasional. Jika UMKM gulung tikar maka perekonomian nasional juga akan terpuruk.

2. Memperluas dan Membuka Lapangan Pekerjaan

Lapangan pekerjaan masih menjadi salah satu masalah besar di Indonesia. Jika lapangan pekerjaan terbatas maka secara otomatis pengangguran juga akan meningkat. Dengan begitu jumlah kemiskinan di Indonesia juga bisa meningkat.

Membeli produk Indonesia secara tidak langsung bisa membantu memperluas atau membuka lapangan pekerjaan. Bagaimana bisa? Pasalnya ada banyak pihak yang terlibat pada produk yang kita beli, mulai dari produsen, percetakan kemasan, penyedia bahan baku, pedagang online, distributor, dan masih banyak yang lainnya.

Jika barang terjual maka pihak-pihak tersebut akan tetap mendapatkan pekerjaannya. Bahkan jika penjualan meningkat, kemungkinan lapangan pekerjaan baru bisa terbuka lebih besar. Pasalnya setiap pihak membutuhkan tenaga baru agar bisa menyelesaikan pesanannya.

Selain itu, UMKM baru yang ingin berbisnis akan lebih semangat karena melihat pasar produk Indonesia yang ramai. Jadi lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia bisa lebih banyak lagi dengan UMKM-UMKM baru.

3. Membantu Menurunkan Angka Kemiskinan

Angka kemiskinan di negeri kita memang terbilang masih cukup tinggi. Salah satu cara membantu menurunkan angka kemiskinan adalah dengan menyediakan lapangan pekerjaan baru. Karena tidak semua dari kita bisa membuka lapangan pekerjaan baru, maka cara termudah membantu menurunkan kemiskinan adalah dengan membeli produk dalam negeri.

Dengan membeli produk dalam negeri, UMKM akan sangat terbantu sehingga eksistensinya masih tetap terjaga. Semakin berkembang UMKM maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan baru yang tercipta.

4. Meningkatkan Nilai Produk Indonesia

Alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia selanjutnya yaitu untuk membantu membuat produk dalam negeri lebih dikenal secara global atau internasional.

Bukan hal yang tidak mungkin membuat produk Indonesia go internasional. Bahkan ada beberapa produk yang saat ini disukai masyarakat negara lain, misalnya mie instan.

Jangan hanya mie instan saja, namun kita juga harus meningkatkan nilai produk Indonesia di bidang lainnya seperti fashion ataupun teknologi.

Kesejahteraan yang terjamin dari produsen Indonesia juga bisa membantu membuat mereka lebih kreatif dalam mengembangkan produk-produk agar lebih dikenal luas. Kamu juga pasti bangga bukan jika produk Indonesia dikenal secara internasional?

5. Kualitas Produk Indonesia Tidak Kalah dari Produk Asing

Salah satu alasan yang sering dilontarkan seseorang ketika membeli produk impor yaitu karena kualitasnya lebih baik dari produk lokal. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Produk lokal memiliki kualitas yang sama bagusnya atau bahkan lebih bagus dari produk asing.

Di samping itu, produk lokal memiliki keunggulan yang tidak bisa dimiliki oleh produk impor. Keunggulan tersebut yaitu kesesuaian produk dengan selera, karakter, kondisi iklim, serta budaya masyarakat Indonesia. Jadi Kamu tidak akan terlihat aneh ketika membeli produk lokal.

6. Harga Lebih Terjangkau

Produk luar negeri yang masuk ke Indonesia harus melalui beberapa proses. Jadi tidak heran apabila harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan ketika membeli di luar negeri. Hal tersebut juga berlaku ketika Kamu membeli barang secara online.

Harga dari produk lokal dinilai lebih terjangkau karena tidak ada proses-proses seperti produk asing. Oleh sebab itu, sangat salah apabila Kamu menganggap barang dari luar negeri lebih murah dibandingkan dengan barang lokal.

7. Menambah Jumlah Investasi

Meningkatnya nilai produk dalam negeri membuat investor pasti lebih berminat untuk menanamkan modal. Pasalnya investor biasanya hanya ingin menanamkan modal pada usaha yang memiliki prospek baik.

Modal yang besar membuat pengembangan usaha menjadi lebih baik sehingga kemungkinan sukses semakin besar. Pasalnya perusahaan memiliki dana untuk ekspansi, memperluas sumber dana, dan lain sebagainya. Hal tersebut nantinya juga akan meningkatkan pendapatan per kapita dan memajukan perekonomian Indonesia.

8. Sebagai Cara Menghargai Karya Anak Bangsa

Alasan terakhir mengapa kita wajib cinta produk Indonesia adalah sebagai salah satu cara untuk menghargai karya anak bangsa. Sama halnya seperti orang-orang luar negeri, Indonesia juga memiliki Sumber Daya Manusia dengan kompetensi yang baik.

Membeli atau menggunakan produk dalam negeri adalah cara untuk menghargai jerih payah dan kreativitas anak bangsa. Dengan begitu mereka bisa mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Semakin baik produk yang dihasilkan maka bangsa Indonesia juga semakin harum di kancah dunia.

Kesimpulan

Saat ini memang perlu kita pahami bahwa kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk lokal masih belum terlihat. Dibandingkan produk dalam negeri, masih banyak yang lebih memilih produk luar negeri karena berbagai alasan.

Oleh sebab itu, kesadaran ini sendiri harus ditanamkan kepada masing-masing masyarakat. Produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri dari segi kualitas. Sedangkan harga tentu saja lebih terjangkau karena tidak ada biaya impor. Bahkan banyak orang luar negeri yang juga menyukai produk Indonesia misalnya seperti produk mie instan yang sudah dikenal hingga ke berbagai negara.

Semoga informasi yang diberikan di atas bisa meningkatkan rasa cinta kita terhadap produk dalam negeri. Jika produk dalam negeri dicintai maka akan ada banyak keuntungan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pos terkait