Hasil Pengilmiahan dari Mitos-mitos Pantai Parangtritis

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Hasil Pengilmiahan dari Mitos-mitos Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis jika ditarik garis lurus ke utara akan sejajar dengan Gunung Merapi, dan Keraton Jogja. Masyarakat sekitar meyakini bahwa Pantai Parangtritis dahulu hingga sekarang menjadi bagian kekuasaan Ratu  Nyai Roro Kidul. 

Mitos yang beredar, Nyai Roro Kidul ini menyukai warna hijau. Oleh karena itu, para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis di Yogyakarta, ada saran berbunyi seperti ini “ tidak boleh memakai baju berwarna hijau “ karena mereka khawatir jika ada wisatawan yang mengenakan kaos atau baju berwarna hijau akan ditarik ke laut.

Namun,sebenarnya larangan atau yang tidak di perbolehkan itu sebenarnya tidak ada, semuanya boleh asal ada batasnya.Mandi di Pantai Parangtritis itu boleh di persilahkan tetapi harus waspada jangan terlalu ketengah karena sangat bahaya karena belum tau situasi medan nya karena sangat membahayakan. 

Dipinggiran itu banyak terdapat palung sehingga bagi para  pengunjung yang belum hapal atau belum paham situasi di situ air tersebut sangat membahayakan.Memang ada para leluhur melarang ini statusnya hanya mitos yang melarang pengunjung mengenakan kaos hijau,kadung melati dan sebagainya namun sebenarnya boleh di persilahkan tapi harus berhati-hati.Jika tidak mandi tidak akan hanyut ke laut atau di tarik ke laut walaupun mengenakan kaos hijau selagi tidak mandi.

pantai parangtritis

Terlepas dari benar atau tidaknya semua mitos itu, hendaknya para wisatawan Pantai Parangtritis selalu waspada dan berhati-hati, karena ombak di Pantai Parang Tritis terbilang cukup besar apalagi menjelang sore hari. Hendaknya wisatawan mandi di pantai ini, atau jika memang ingin mandi sebaiknya tidak melibihi batas 1 meter dari bibir pantai.

Bagi wisatawan dihimbau dan diharuskan untuk mematuhi peringatan dan aturan pengelola pantai, karena selama ini memang sudah ada korban jiwa yang terseret oleh keganasan ombak di pantai. Oleh sebab itu patuhi aturan dan larangan untuk mengindari kejadian-kejadian yang tidak di inginkan.

Selain terkenal sebagai tempat rekreasi dan berwisata, Pantai Parangtritis juga merupakan salah satu tempat untuk melakukan Upacara Labuhan dari Kraton Yogjakarta. Karena di Yogyakarta ini masih sangat kental akan budaya nya. kita bisa melihat prosesi adat Labuhan dari Keraton Yogyakarta pada waktu tertentu.

Pos terkait