Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Foto oleh freepik

16 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Gampang Rusak

Bagi kebanyakan orang lebih memilih laptop daripada dengan PC yang tidak dapat dibawa. Saat anda membeli laptop, Anda melakukannya dengan maksud untuk menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan telepon, yang cenderung ditingkatkan setiap beberapa tahun, beberapa orang pergi bertahun-tahun tanpa bertukar komputer. Dan mengapa anda melakukannya? Seperti kata pepatah: “Jika tidak rusak, jangan diperbaiki.”

Nah, memiliki laptop sama seperti memiliki mobil. Dengan perawatan yang tepat, penggunaan yang lembut, dan perawatan rutin, peralatan anda akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. Mengabaikan faktor-faktor penting seperti pembersihan dan pembaruan pabrikan dapat mengakibatkan mesin macet yang membuat frustasi untuk bekerja dengannya.

Jika anda ingin mendapatkan tahun sebanyak mungkin dari laptop kesayangan anda dalam kondisi prima, Tip ini tidak hanya akan membantu anda memperpanjang umur komputer anda, tetapi juga berlaku untuk setiap merek laptop di luar sana.

Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak 2021

Karena laptop mahal untuk diganti, penting bagi anda untuk mengetahui cara merawatnya. Ini adalah investasi yang dapat membayar sendiri berkali-kali lipat.

Penting bagi anda untuk merawat laptop Anda dengan baik agar tetap berfungsi dengan baik. Mengikuti langkah-langkah mudah ini akan memastikan bahwa laptop anda bertahan lebih lama dan membutuhkan lebih sedikit perawatan. Sebagai bonus tambahan, banyak langkah yang juga akan menjaga kecepatan laptop Anda. Hal ini juga berguna untuk melakukan pemeriksaan laptop sesekali untuk menghilangkan kesalahan atau masalah yang mungkin muncul selama penggunaan rutin.

Inilah beberapa cara agar laptop tidak gampang rusak dan cara merawatnya.

1. Jauhkan Air dan Makanan Dari Laptop

Walaupun mungkin tergoda untuk minum kopi, soda, air, atau cairan lain di dekat laptop Anda, kecelakaan dapat terjadi dengan sangat mudah. Sebagai alternatif, gunakan cangkir dengan penutup di atasnya, sehingga meskipun tumpah, cairannya tidak kemana-mana. Cairan yang tumpah dapat merusak komponen mikroelektronik internal atau menyebabkan kerusakan listrik. Korsleting dapat merusak data atau bahkan merusak beberapa bagian laptop secara permanen. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman Anda dari komputer. Meskipun Anda berhati-hati, orang lain mungkin menumpahkan minuman Anda. Pastikan untuk tidak memakan makanan di dekat laptop anda, remah-remahnya bisa jatuh di antara tombol-tombol dan mengundang serangga kecil atau merusak sirkuit. Parahnya lagi, laptop akan terlihat kotor jika terdapat remah-remah di atasnya.

2. Perhatikan Suhu Ekstrim

Perubahan suhu atau suhu yang ekstrem dapat memengaruhi laptop. Jika anda baru saja membawa laptop anda ke dalam ruangan dari hari yang sangat dingin, Anda tidak boleh menyalakannya hingga sempat menghangat dan mencapai suhu ruangan. Mungkin perlu waktu jika di luar sangat dingin. Ini akan menghindari potensi kerusakan pada disk drive dari pembentukan kondensasi di dalam mesin. Hindari juga panas dari sinar matahari.

3. Melindungi Layar Monitor

Layar notebook adalah komponennya yang paling rapuh dan berisiko, serta dapat dengan mudah retak dan rusak. Bersihkan hanya dengan larutan yang disetujui atau tisu monitor. Jangan menyentuh layar dengan pena atau penunjuk apa pun yang dapat menggores permukaan. Saat anda menutup laptop, pastikan tidak ada barang kecil, seperti pensil atau earphone kecil, di keyboard. Ini dapat merusak tampilan layar jika laptop dimatikan, layar akan tergores jika itemnya kasar. Tutup penutupnya dengan hati-hati dan pegang di tengah. Menutup penutup hanya dengan satu sisi menyebabkan tekanan pada engsel tersebut, dan seiring waktu dapat menyebabkan engsel bengkok dan patah.

4. Jauhkan Dari Barang Elektronik Lainnya

Anda tidak boleh meletakkan laptop dekat dengan peralatan yang menghasilkan medan magnet yang kuat, seperti televisi, speaker besar, dan bahkan beberapa lemari es berteknologi tinggi. Anda bahkan harus menghindari meletakkan ponsel Anda di atas laptop Anda saat keduanya menyala.

5. Jangan Gunakan Laptop di Atas Tempat Tidur

Penggunaan berulang laptop di ranjang akan menyebabkan kipas menyedot debu dan kotoran di ranjang, yang pada akhirnya menghalangi kipas. Laptop dapat menjadi terlalu panas lebih mudah daripada komputer desktop. Anda tidak boleh meletakkannya di atas selimut, bantal, atau permukaan tidak rata lainnya yang dapat menghalangi ventilasi yang cukup.

6. Memakai AntiVirus

Perangkat lunak antivirus tersedia adalah pertahanan terbaik melawan virus . Sekalipun anda tahu apa yang anda unduh, itu masih bisa membawa virus ke laptop. Jika anda memilih untuk tidak memiliki perangkat lunak antivirus, anda menjalankan risiko kesalahan sirkuit atau masalah perangkat lunak di sistem anda. Virus juga dapat memperlambat operasi dan kinerja sistem.

7. Menyimpan di Tempat Yang Bersih

Simpan komputer di ruangan yang bersih dan bebas debu. Tutup layar sesering mungkin, yang membantu membatasi jumlah debu yang dapat menempel di keyboard, menghemat masa pakai baterai, dan mencegah keyboard dari tumpahan kopi yang tidak disengaja penyebab utama kerusakan laptop.

8. Memakai Tas Laptop

Pertimbangkan untuk membeli tas laptop . Banyak kerusakan terjadi karena laptop terjatuh atau terbentur. Tas sangat mengurangi risiko kerusakan. Anda harus selalu membawanya dalam tas laptop atau sarung bantal berkualitas baik yang memberikan perlindungan dari jatuh dan desakan. Anda juga harus membiasakan diri untuk tidak pernah meletakkan apa pun di atasnya (koran, surat), karena jika ada di bawah tumpukan, bahkan barang yang lebih berat, buku, ransel, dll

9. Menutup Dengan Hati-Hati

Pegang dan angkat komputer pada alasnya, bukan pada display LCD (layarnya). Jika anda mengangkatnya hanya di dekat layar, Anda dapat merusak layar atau engsel yang memasang layar ke alasnya. Layar juga mudah tergores atau rusak karena tekanan langsung – hindari menekannya. Tutup notebook dengan hati-hati – dari tepi depan atas tengah layar – hindari tenaga yang berlebihan saat menutup.

10. Jangan Tinggalkan Laptop di dalam Mobil 

Jangan tinggalkan laptop anda di dalam mobil termasuk juga bagasi atau lokasi mana pun yang dapat membuat notebook terpapar suhu ekstrim atau sinar matahari langsung untuk waktu yang lama. Perubahan suhu yang tinggi dapat merusak komputer, dan notebook (atau tas notebook) juga menjadi target yang mengundang pencuri. Bagian dalam mobil tidak hanya mengalami perubahan suhu yang besar yang dapat merusak laptop, tetapi laptop (atau tas laptop) juga merupakan target yang mengundang pencuri yang suka membobol dan merebut.

11. Perhatikan Kabel Daya dan Baterai

Jangan menarik kabel daya . Mencabut kabel daya dari stopkontak dan tidak menarik langsung stekernya dapat menyebabkan kabel terlepas dari steker atau merusak stopkontak, Saat memasang atau melepaskan kabel daya ke komputer, pastikan konektor sejajar dengan port komputer. 

Selain itu, jika kabel daya berada di dekat kaki anda, hindari menendangnya secara tidak sengaja. pada kenyataannya, yang terbaik adalah menahan diri untuk tidak membenturkannya sama sekali karena anda dapat melonggarkan dan pada akhirnya mematahkannya. Dan harus diingat Notebook harus dimatikan jika tidak digunakan untuk menghemat masa pakai baterai.

12. Membersihkan Laptop Dengan Rutin

Bersihkan laptop Anda sesering mungkin. Meluangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan komputer dari debu, kotoran, residu, dan sebagainya akan membuat perbedaan besar dalam masa pakai laptop anda. Fokus pada hal-hal berikut: Layar / LCD, keyboard, dan ventilasi.

Pastikan unit dibersihkan setiap tahun untuk menghilangkan debu internal . Selesaikan ini oleh ahli komputer, atau lakukan sendiri jika Anda bisa. Jika debu menumpuk, sistem tidak akan dapat mendinginkan dirinya sendiri dengan benar. Panas dapat merusak motherboard.

Selalu bersihkan tangan saat menggunakan laptop anda . Tangan yang bersih memudahkan penggunaan touchpad laptop anda dan risiko meninggalkan kotoran dan noda lain pada komputer akan lebih kecil. Selain itu, jika anda membersihkan tangan sebelum menggunakan laptop, Anda akan mengurangi keausan pada lapisan yang disebabkan oleh keringat dan partikel kecil yang dapat bekerja pada bagian luar laptop.

Anda juga dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan area di sekitar layar kipas . Jika itu tersumbat, aliran udara berkurang dan panas berlebih dapat terjadi.

13. Menjaga sistem penyimpanan

Pemeliharaan disk dulunya adalah aktivitas umum, Itu karena Windows secara otomatis menangani semua tugas pemeliharaan penyimpanan. Tugas ini termasuk menjalankan program penyetelan disk. Selama anda belum menonaktifkan aktivitas ini, pertimbangkan sistem penyimpanan laptop anda untuk dipelihara dengan memadai. Selalu periksa bahwa laptop anda tidak memiliki terlalu banyak perangkat lunak dan barang bawaan berkeliaran karena mereka terus memakan memori berharga yang diperlukan untuk bermain game atau melakukan tugas kelas atas lainnya.

Juga lebih baik jika anda menggunakan perangkat lunak pembersihan seperti utilitas tune up atau pembersih dll.  Untuk menjaga komputer anda di bawah pengawasan konstan dari program yang tidak perlu yang diinstal selama berbagai aktivitas.

Jika memungkinkan, lakukan penginstalan bersih dari sistem operasi yang anda gunakan setiap 2 hingga 3 tahun sekali.  Ini akan sangat membantu laptop untuk memulai dari awal dan memelihara semuanya dengan cara yang sangat teratur dan efektif.

14. Menggunakan Laptop di Tempat Yang Berventilasi Baik

Gunakan dan simpan laptop anda hanya di tempat yang berventilasi baik.  Saat anda menggunakan laptop, lakukan di tempat yang memiliki sirkulasi udara konstan. Banyak orang merusak laptop mereka dengan menggunakannya di area tertutup sehingga menyebabkan laptop menjadi terlalu panas.

15. Lakukan Backup File Penting Secara Berkala

Perhatian penting dari siapa pun yang menggunakan laptop adalah keamanan data yang ada di hard drive komputer. Jika anda mengalami kecelakaan hard drive, Anda bisa kehilangan semuanya dengan satu jentikan jari. Dan itulah kemungkinan malapetaka terburuk yang pernah dialami oleh setiap pengguna laptop.

16. Lakukan Shutdown Rutin

Komponen memanas selama penggunaan dan menjadi dingin saat sistem dimatikan. Semakin sedikit hal ini terjadi, semakin lama masa pakai komputer yang umumnya dapat anda nikmati. Namun, juga tidak disarankan untuk membiarkan komputer Anda berjalan 24/7 (tidak termasuk server). Pengguna umum harus menemukan keseimbangan yang menyenangkan antara keduanya; banyak yang memutuskan untuk mematikan komputer setiap dua hari sekali atau setiap dua hari untuk memberinya kesempatan untuk mengonfigurasi pembaruan dan menetap.

Anda harus selalu melakukan shutdown baik secara langsung dari menu start atau dengan menekan tombol power. Perhatikan bahwa menekan tombol daya sekali (tidak menahannya) mengirim sebagian besar komputer sinyal yang sama seperti dari opsi menu mulai untuk mulai mati dengan aman. Menahan tombol daya hingga komputer anda mati adalah pematian paksa. Ini tidak boleh digunakan kecuali sistem tidak responsif dan tidak dapat dimatikan secara normal.

Itulah berapa tips agar Laptop anda tidak gampang rusak, saya juga pernah merusaknya agar menjadi pelajaran semua orang. Semoga bermanfaat, Terima kasih!

#source

Pos terkait