Apa Bahaya Penipuan Link Hadiah Voucher WhatsApp – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Apa Bahaya Penipuan Link Hadiah Voucher WhatsApp

 TONIID.DE

© CHIP

Kompetisi WhatsApp: penipu memikat dengan voucher Amazon – begitulah cara Anda melindungi diri sendiri

www.toniid.de — Persaingan palsu beredar di WhatsApp, di mana pengguna diduga dapat memenangkan voucher Amazon. Tapi di sini penipu hanya menginginkan data Anda. Anda dapat menemukan cara melindungi diri sendiri di sini.

Pengguna WhatsApp saat ini melaporkan kompetisi yang dikirim melalui Messenger. Menurut mereka, banyak pengguna dan teman mendapatkan tautan kompetisi, yang sebagian besar menarik voucher Amazon. Seperti yang dilaporkan Mimika , ada sesuatu yang sangat berbeda tersembunyi di baliknya. Karena di sini pengguna WhatsApp yang ceroboh terpancing ke dalam jebakan.

Jika Anda mengklik tautan tersebut, roda keberuntungan akan muncul yang harus Anda putar. Tentu saja, ini selalu berakhir dengan salah satu kemenangan besar. Misalnya, pengguna WhatsApp harus menerima voucher dari Amazon senilai 200 euro. Lalu ada tangkapan yang membahayakan data Anda dan data kontak WhatsApp Anda.

WhatsApp: Kompetisi Amazon palsu

Karena kemudian Anda akan diminta untuk meneruskan tautan dengan dugaan persaingan ke lima obrolan grup atau 20 teman. Tetapi bahkan ketika itu dilakukan, masih ada rintangan. Sebuah aplikasi harus diunduh dan dibuka di smartphone setidaknya selama 30 detik. Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh mengunduh aplikasi ini.

Apa sebenarnya yang dilakukan aplikasi tersebut tidak diketahui. Bisa dibayangkan bahwa ini mengumpulkan data dari ponsel cerdas Anda dan meneruskannya ke penipu. Enkripsi data dengan permintaan tebusan berikutnya juga dimungkinkan.

Untuk melindungi diri Anda dari “undian” seperti itu, Anda tidak boleh mengklik tautan yang tidak dikenal di WhatsApp. Jika kompetisi meminta Anda untuk mendistribusikan tautan yang juga berisi unduhan, Anda tidak boleh mengikuti permintaan tersebut. Dengan cara ini Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga kontak WhatsApp Anda.

Tetap berhati-hati terhadap link yang dikirim teman bahkan keluarga Anda sekalipun, itu bisa saja penipuan. 

Jangan lupa untuk mengunjungi www.toniid.de setiap hari karena akan ada banyak berita teknologi tips dan trik menarik lainnya.

Pos terkait