Cara Mengoptimalkan Masa Pakai Baterai Ponsel – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Cara Mengoptimalkan Masa Pakai Baterai Ponsel

 

Foto oleh vectorstock

Cara Agar Baterai Ponsel Tidak Gampang Habis

Bagi sebagian orang tidak masalah kapan baterai akan habis karena sudah memakai teknologi fast charging, tapi bagaimana dengan pengguna smartphone android lawas yang belum memakai teknologi fast charging tentunya kesal karena pengisian baterai ponsel bisa memakan waktu hingga 3 jam lamanya, sedangkan masa pakai ponsel hanya 5 sampai 6 jam, nah berikut ini disimak beberapa trik agar ponsel anda supaya masa pakainya lebih lama dan baterai tidak boros. Beberapa trik ini saya buktikan sangat efektif menghemat baterai 2 kali pengisian cukup untuk satu hari full.

Pengguna ponsel kebanyakan mencari masa pakai baterai yang lebih lama. Pengisian cepat memang sangat membantu untuk saat ini, dengan baterai tertanam pada ponsel yang artinya tidak dapat diganti sesuka hati akhirnya membuat sel baterai yang ada di ponsel kita akan menua dan berkurang performa dan waktu pakainya.

10 Tips Menghemat Baterai Smartphone 2021

Keandalan baterai ponsel menurun selama kita pakai bertahun-tahun. Tetapi ada trik yang bisa menambah masa umur baterai dan juga ketahanannya. Anda kenapa baterai lebih boros dari kemarin atau bulan-bulan sebelumnya ada beberapa faktor kenapa baterai menjadi terasa boros mari disimak penjelasan singkat di bawah ini.

Inilah beberapa tips agar baterai ponsel lebih tahan lama.

1. Memakai Mode Gelap atau DarkMode

DarkMode Realme UI


Jika smartphone anda memakai teknologi layar Amoled, memakai tema gelap akan sangat  membantu untuk menambah waktu pakai baterai ponsel. Dikarenakan layar berteknologi Amoled dapat menonaktifkan piksel layar sebagian artinya jika kita memakai fitur mode gelap atau wallpaper hitam maka pikselnya akan mati, menggunakan wallpaper berwarna hitam legam menjadikan ponsel memakai lebih sedikit baterai daripada IPS LCD.

Untuk menggunakan fitur ini bisa dengan berbagai cara. Contohnya dengan menerapkan wallpaper gelap, mengaktifkan tema gelap di ponsel jaman sekarang kebanyakan sudah mendukung mode gelap sistem, dan juga mengaktifkan mode malam di aplikasi yang seperti Facebook, Instagram, dan juga lainnya, tetapi tema gelap aplikasi seperti Facebook tidak membantu sama sekali tidak hitam legam. Dan jika layar anda masih memakai teknologi layar IPS maka percuma tidak akan menghemat baterai, sebaliknya hanya melindungi mata ketika malam hari.

2. Matikan Lokasi

Lokasi


Ini adalah salah satu fitur paling menguras baterai ponsel anda, kadang-kadang fitur lokasi ini selalu aktif beberapa aplikasi contohnya Google dan teman-temannya. Disarankan untuk mengontrol selalu penggunaan lokasi pada aplikasi ponsel kalian dan mengaturnya secara manual agar tidak terlalu memakan banyak baterai ponsel.

Membuka pengaturan

Pengaturan > Keamanan & Lokasi > Lokasi > Lanjutan atau di Pengaturan > Informasi Lokasi . Untuk ponsel realme dan peranakannya .

3. Batasi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Kebanyakan aplikasi yang anda gunakan sebelumnya tetap aktif bahkan walaupun anda keluar dengan paksa aplikasi tetap berjalan sebagai Cache dan terus bisa menerima notifikasi bagi sebagian orang notifikasi ini mengganggu jika anda sudah merasa tidak membutuhkannya lagi. Maka di sinilah cara mengatasinya agar aplikasi tidak selalu aktif di latar belakang.

Anda dapat mengatur aplikasi yang boleh berjalan dilatar belakang seperti WhatsApp ataupun Telegram agar tidak ketinggalan kabar penting dari keluarga kalian. 

Buka Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan dan di sana, di dalam halaman aplikasi tertentu, ketuk Lanjutan> Baterai> Batasan latar belakang .

Untuk Realme XT dan sebangsa Oppo, Vivo, saya bisa melalui Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Pengelola Proses untuk mematikan aplikasi.

Untuk membatasi latar belakang 

Pengaturan > Baterai > Pengelolaan baterai aplikasi .

Realme UI Pengelola Proses


Jika anda masih menggunakan ponsel berteknologi lawas, Anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga seperti Greenify (Rekomendasi ponsel harus root) sampai sekarang masih bisa sangat diandalkan untuk ponsel Realme XT saya walaupun tidak ada pembaruan lebih lanjut tetapi masih berfungsi dengan baik. Aplikasi ini bisa mematikan aplikasi secara otomatis membunuh aplikasi, jika ponsel belum bisa mengakses root harus di matikan secara manual, ya, memang menjengkelkan jika mematikan secara manual tetapi lebih efektif daripada anda harus bolak-balik membuka pengaturan. Aplikasi ini bisa menjadi fitur kedua selain yang disediakan default oleh sistem tetapi sistem pilihan lebih sedikit daripada Greenify.

4. Pantau Aplikasi atau Virus

Pemakaian Baterai


Masa pakai baterai ponsel bisa sangat terpengaruh jika aplikasi tidak berjalan dengan wajar. Ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti malware ataupun virus didalam aplikasi. Anda bisa memeriksa melalui .

Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai telepon 

Untuk mengecek aplikasi mana saja yang paling banyak menghabiskan lebih banyak baterai ponsel.

Jika menurut anda beberapa aplikasi yang tidak anda gunakan memakan banyak baterai atau bahkan aplikasi tidak bernama(blank) bisa dipastikan itu malware, Anda harus segera men-uninstall aplikasi dan melihat apakah ada perubahan di keesokan harinya. Anda juga dapat menutup paksa aplikasi dengan manual. 

5. Memakai Lite dan Browser Ringan

Metode bagus lainnya yang tidak memakai aplikasi yang sangat berat untuk ponsel contohnya browser Chrome ini sama saja seperti di komputer bisa memakai kapasitas RAM kalian sampai 1GB berat sekali bukan. 

Anda juga bisa memakai aplikasi seperti Facebook lite alih-alih daripada anda memakai Facebook aslinya ini adalah versi yang lebih ringan daripada yang lain ini tentunya bisa menghemat baterai anda. Brand ponsel kebanyakan menawarkan prosessor mumpuni untung mendukung penghematan baterai. Ini memang memakan lebih menghemat baterai ponsel. Anda juga bisa memakai aplikasi Lite tentunya selain menghemat Ruang Penyimpanan juga baterai karena lebih ringan daripada versi asli.

6. Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Notifikasi memanglah penting. Tetapi bisa jadi mengganggu karena dilakukan berulang kali, Anda bisa mencoba menonaktifkan sinkronisasi otomatis oleh google. Dengan begini, anda hanya akan melihat notifikasi dari aplikasi pilihan anda sendiri atau membukanya secara manual untuk melihat notifikasi bukannya menerima secara bertubi-tubi.

Dengan ini aplikasi tidak akan menyinkronkan secara otomatis di latar belakang, ya, tentunya ini sangat banyak membantu menghemat baterai ponsel anda. Dan untuk cara mematikan sinkronisasi otomatis bisa membuka .

Pengaturan> Akun > Sinkron otomatis data, pilihan sinkronisasi data secara otomatis harusnya tersedia di ponsel pintar. Anda juga bisa menonaktifkan sinkronisasi manual di setiap aplikasinya, hati-hati untuk menonaktifkan sinkronisasi sosial media kalian contohnya WhatsApp bisa-bisa kalian tidak menerima pesan kecuali membukanya.

7. Jangan Biarkan Baterai Ponsel Habis Sama Sekali

Jangan biarkan daya baterai anda habis. Usahakan agar baterai terisi rata-rata 50 persen setiap saat. Meskipun anda tidak perlu baterai terus-menerus dicolokkan, dan pengisi daya dapat mengontrol input elektronik untuk mencegah kerusakan, sebaiknya cabut telepon saat daya mencapai 100 persen. Pengisian daya tambahan berkala sepanjang hari bekerja lebih baik daripada membiarkan baterai habis. 

Baca: 6 Cara Merawat Charger Agar Tidak Gampang Rusak

8. Hidupkan Mode Pesawat dan Memakai Wi-Fi

Mode Pesawat mematikan semua sinyal radio ke dan dari perangkat anda, menghentikan aliran email, pesan, panggilan telepon, dan koneksi Bluetooth. Tentu, agak tidak nyaman untuk benar-benar keluar dari jaringan online, itu akan menghemat baterai anda. Lalu anda bisa memakai jaringan Wi-Fi jika ada untuk hemat daya super.

9. Redupkan Kontras Layar Ponsel

Layar ponsel dan tablet memakai kapasitas baterai yang sangat besar, tetapi anda dapat dengan mudah mengurangi baterainya, baik secara otomatis atau manual. Selalu atur kembali kecerahan layar ke tingkat paling redup yang anda rasa nyaman. Layar AMOLED dan LCD yang besar dan terang benderang menguras baterai anda dengan cepat. Pertama, bandingkan pengaturan kecerahan yang secara otomatis dihasilkan oleh ponsel anda dengan kecerahan optimal untuk anda gunakan sendiri. Seringkali, pengaturan otomatis lebih terang dari yang anda inginkan atau butuhkan, jadi lanjutkan dan timpa atau nonaktifkan. Selain hemat baterai juga menyehatkan mata supaya tidak buta map.

10. Menggunakan Hemat Daya

Ponsel dan tablet iOS dan Android menawarkan mode hemat daya yang secara otomatis menyesuaikan pengaturan anda untuk menggunakan paling sedikit baterai yang diperlukan untuk beroperasi. Memang, ini adalah tindakan darurat, tetapi ini bisa menjadi pembeda antara telepon operasi dan telepon mati. Mode Daya Rendah iPhone mematikan semua fitur yang tidak penting. Cukup akses panel Baterai di bawah pengaturan dan aktifkan slider Mode Daya Rendah. Mode hemat daya Android juga dapat diakses melalui pengaturan.

Harus diingat jika mengaktifkan fitur hemat daya beberapa fitur akan berhenti bekerja.

Itulah beberapa tips yang bermanfaat bagi saya semoga untuk kalian juga, terima kasih!

Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar atau melewati menu kontak paling bawah.

Pos terkait