7 Langkah Praktis untuk Meningkatkan Otoritas Domain Situs Web Anda – MEDIA24JAM

  • Whatsapp
7 Langkah Praktis untuk Meningkatkan Otoritas Domain Situs Web Anda

MEDIA 24 JAM: 7 Langkah Praktis untuk Meningkatkan Otoritas Domain Situs Web Anda – MEDIA24JAM


MEDIA24JAM – Domain Authority
(DA) adalah angka (metrik) yang menunjukkan otoritas situs Anda. Semakin tinggi otoritas domain Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERPS) dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.

Metrik Otoritas Domain dikembangkan oleh Moz, tetapi perusahaan lain telah membuat metrik serupa yang memberi peringkat domain berdasarkan sejumlah faktor dan memberi mereka peringkat dari 0 hingga 100.

Ide pemeringkatan domain berdasarkan otoritasnya muncul dari PageRank yang diperkenalkan oleh Larry Page (salah satu Pendiri Google) dan digunakan hingga saat ini sebagai cara untuk mengukur pentingnya halaman web dan situs web.

Pada artikel ini kami akan membahas topik-topik berikut:

Apa itu otoritas domain?

Bagaimana otoritas domain dihitung?

Otoritas domain VS otoritas Halaman?

Cara meningkatkan otoritas domain domain

Apa otoritas domain (DA) dari sebuah situs web?

DA situs web adalah skor antara 0 hingga 100 (semakin tinggi semakin baik), yang mencoba memprediksi seberapa baik peringkat situs web di mesin pencari.

Ini tidak sama dengan skor peringkat yang digunakan oleh Google (PageRank) yang sebenarnya dapat mempengaruhi peringkat Anda.

Moz (dan perusahaan lain yang memiliki sistem serupa) mencoba mensimulasikan algoritme peringkat Google dengan mempertimbangkan semua faktor yang diketahui yang mungkin dapat memengaruhi peringkat, dan memberikan skor ke domain yang dapat digunakan untuk tujuan perbandingan saja.

Dengan kata lain, DA bergantung pada data yang dimiliki Moz tentang situs web Anda yang terkadang tidak seakurat yang diketahui Google tentang situs web Anda.

Domain memiliki Otoritas Domain yang rendah tetapi memiliki peringkat tinggi di Google adalah hal yang wajar.

Hal lain yang harus Anda ketahui tentang DA:

DA tidak memperhitungkan hukuman Google. Sebuah domain yang berada di bawah penalti Google secara alami kehilangan peringkatnya tetapi jika hal ini tidak diketahui oleh Moz. Jadi, otoritas domain akan tetap tinggi sedangkan domain berada di bawah penalti.

Algoritme peringkat Google memperhitungkan ratusan faktor (tidak ada yang tahu persis jumlahnya tetapi beberapa prediksi menunjukkan bahwa ada lebih dari 200) sementara Otoritas Domain hanya memperhitungkan 40 faktor.

Tidak mudah mengubah skor DA Anda. Ini bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan di situs web Anda hari ini dan melihat peningkatan otoritas domain dengan segera.

DA didasarkan pada skala logaritmik. Artinya, lebih mudah untuk meningkatkan skor DA Anda dari 20 menjadi 30 tetapi jauh lebih sulit untuk naik dari 70 menjadi 80. Semakin tinggi skala, semakin sulit.

DA sering berubah, jadi ini bukan metrik yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja SEO Anda dari waktu ke waktu, melainkan metrik situs web yang digunakan untuk tujuan perbandingan domain.

Bagaimana otoritas domain dihitung?

Menurut Moz, mereka menghitung Otoritas Domain dengan memperhitungkan sejumlah sinyal (total 40) termasuk:

  1. Jumlah tautan masuk yang mengarah ke situs web Anda.
  2. Kualitas dan relevansi tautan masuk
  3. Kualitas konten situs web Anda
  4. Sinyal Sosial (popularitas domain Anda dan berisi di jaringan media sosial)
  5. Performa SEO situs Anda secara umum
  6. Bagaimana cara mengetahui DA situs saya?

Untuk mengetahui skor otoritas domain Anda, buka moz open site explorer, ketik domain Anda dan lihat hasilnya.

Apa otoritas halaman?

Otoritas Halaman (PA) mirip dengan DA tetapi alih-alih memperhitungkan metrik seluruh domain, ia menggunakan sinyal yang khusus untuk halaman tertentu.

Skor yang diberikan adalah prediksi yang menunjukkan kekuatan halaman dan seberapa baik peringkatnya di mesin pencari.

Situs web yang memiliki banyak halaman otoritas tinggi, juga akan memiliki skor DA (otoritas domain) yang lebih tinggi.

7 Langkah Praktis tentang Cara Meningkatkan Otoritas Domain Anda

Sekarang setelah jelas apa itu otoritas domain dan bagaimana itu dihitung, mari kita lihat bagaimana Anda dapat meningkatkan otoritas domain Anda.

Ini adalah 7 langkah yang harus diikuti untuk secara praktis meningkatkan Skor Otoritas Domain Anda.

  • Langkah 1: Kerjakan SEO Off-Page Anda
  • Langkah 2: Optimasi SEO On-Page
  • Langkah 3: Kerjakan SEO Teknis Anda
  • Langkah 4: Pastikan Situs Web Anda Ramah Seluler
  • Langkah 5: Tingkatkan Kecepatan Halaman Anda
  • Langkah 6: Tingkatkan Sinyal Sosial Anda
  • Langkah 7: Bersabarlah
  • Langkah 1: Kerjakan SEO Off-Page Anda

Profil tautan Anda adalah metrik yang paling penting dari semuanya. Situs web yang memiliki profil yang kuat dan bersih akan memiliki skor DA lebih tinggi daripada situs web dengan profil tautan yang tidak terlalu bagus.

Apa itu profil tautan yang kuat?

Sebuah situs web dikatakan memiliki profil tautan yang kuat bila:

  1. Ini memiliki tautan masuk dari situs web otoritas tinggi
  2. Tautan masuk berasal dari situs web terkait
  3. Tidak ada tautan buruk (tautan berkualitas rendah)
  4. Ini memiliki tautan dari sejumlah domain unik

Bagaimana cara meningkatkan profil tautan Anda?

Proses peningkatan profil tautan Anda dikenal sebagai SEO Off-Page dan ini terkait dengan teknik yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh tautan bagus yang pada akhirnya akan meningkatkan peringkat Anda.

Untuk membuat profil tautan Anda lebih kuat, dan antara lain, meningkatkan otoritas Domain Anda, Anda perlu:

Hapus tautan buruk dari profil Anda

Singkirkan tautan buruk. Proses ini melibatkan penggunaan alat seperti Moz Explorer atau Semrush untuk menemukan tautan beracun.

Anda kemudian dapat menghubungi pemilik situs web dan meminta mereka untuk menghapus tautan atau menambahkan “tag nofollow” untuk menurunkan nilai tautan.

Jika ini tidak berhasil, Anda dapat menggunakan alat penolakan Google untuk menghapus tautan dari profil Anda.

Buat profil tautan Anda lebih kuat

Dapatkan tautan bagus dari situs web terkait lainnya. Ini adalah bagian yang sulit dan salah satu bagian SEO yang paling menantang.

Membangun tautan adalah topik besar sendiri dan dari pengalaman, itu adalah sesuatu yang sulit dipahami dan dijalankan oleh pemula.

Jika Anda seorang pemula dalam SEO, saya sangat menyarankan untuk membaca Pelajaran 5 dari Kursus SEO Lengkap, yang menjelaskan langkah demi langkah bagaimana pendekatan membangun tautan.

Untuk memberi Anda gambaran umum tentang prosesnya, ada 2 cara utama untuk mendapatkan tautan yang bagus.

# 1 – Bangunan Tautan Alami

Untuk memiliki konten hebat di situs web Anda yang akan menarik tautan dari situs web lain.

Ini dikenal sebagai ‘membangun tautan alami’ dan teorinya adalah bahwa seseorang menemukan situs web Anda, membaca artikel Anda, mereka menyukainya, dan menautkannya dari salah satu artikel mereka.

Agar ini berfungsi, Anda harus memiliki konten yang layak tautan yang diterbitkan di situs web Anda.

Dengan kata lain, konten yang berwawasan, bermanfaat dan mudah dibaca sehingga webmaster lain bersedia merujuknya dalam artikel mereka.

Dalam prakteknya, proses ini berhasil dan sangat menguntungkan tetapi Anda harus bersabar karena akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan cukup banyak pembaca sehingga beberapa pembaca akan membagikan konten Anda di blog mereka.

Contoh bagus tentang cara kerja pembuatan tautan alami adalah blog yang Anda baca sekarang.

Artikel saya telah ‘secara alami’ ditautkan dari situs web seperti web teks, wirausaha, pemasaran, quicksprout, dan banyak situs web industri terkemuka lainnya.

# 2 – Penjangkauan Blogger

Cara kedua untuk mendapatkan tautan yang bagus adalah menghubungi webmaster lain dan memberi tahu mereka bahwa Anda ada.

Dengan melakukan itu, Anda meningkatkan peluang Anda untuk menautkan ke situs web Anda dalam artikel mereka.

Lihatlah posting saya, bagaimana mengarahkan lalu lintas ke blog Anda, yang mencakup templat email yang dapat Anda gunakan untuk penjangkauan email Anda dan teknik lain untuk diikuti dan mendapatkan tautan balik yang berharga itu.

Langkah 2: Optimasi SEO On-Page

Langkah selanjutnya dalam meningkatkan otoritas domain Anda adalah mengerjakan SEO di halaman Anda.

SEO On-Page berkaitan dengan mengoptimalkan halaman dan konten Anda.

Artikel tutorial SEO komprehensif dan SEO untuk Blogger saya menjelaskan secara rinci cara meningkatkan SEO pada halaman Anda, tetapi faktor yang paling penting adalah:

  1. Judul dan Deskripsi yang dioptimalkan
  2. Penggunaan Judul yang benar (H1 dan H2) dalam konten Anda
  3. Struktur URL dan tautan permanen yang dioptimalkan untuk SEO.
  4. SEO Mengoptimalkan gambar, video, dan elemen media lainnya
  5. Menggunakan kata kunci secara alami di konten Anda (tanpa penjejalan kata kunci)
  6. Menambahkan tautan internal ke konten Anda (ini adalah teknik SEO yang sangat kuat)
  7. Memformat konten Anda sedemikian rupa sehingga memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan peringkat di cuplikan unggulan Google.

Perlu disebutkan lagi bahwa kualitas konten adalah faktor peringkat terbesar dari semua untuk SEO on-page dan off-page.

Seperti yang dinyatakan oleh Google dalam salah satu panduan SEO-nya, penting untuk menjaga konten Anda tetap segar dan mutakhir.

Langkah 3: Kerjakan SEO Teknis Anda

SEO teknis terkait dengan tugas-tugas SEO tingkat rendah dan biasanya, setelah Anda mendapatkan SEO teknis yang benar dari awal, Anda tidak perlu mengatasinya lagi.

Di sisi lain, jika aspek teknis SEO situs web Anda tidak benar, maka ini dapat berdampak besar pada Otoritas dan peringkat Domain Anda.

Pengaturan SEO penting yang perlu Anda periksa untuk menyertakan:

Daftarkan situs Anda dengan Google Search Console dan alat Bing Webmaster

Buat dan optimalkan peta situs xml Anda dan kirim ke Google

Periksa setelan robots.txt Anda dan gunakan Ambil sebagai Google untuk memastikan bahwa Google dan spider mesin telusur lainnya dapat merayapi situs web Anda tanpa masalah.

Pertimbangkan untuk memigrasi situs web Anda ke https

Tambahkan informasi data terstruktur (skema) untuk membantu mesin telusur memahami konteks konten Anda

Pastikan Anda memiliki menu runut tautan yang ditentukan dengan benar di semua halaman

Manfaatkan hreflang dengan benar (jika Anda memiliki situs web multibahasa)

Langkah 4: Pastikan Situs Web Anda Ramah Seluler

Memiliki situs web yang mobile-friendly tidak lagi opsional atau menyenangkan, tetapi itu wajib.

Berikut beberapa alasannya:

Pencarian seluler sekarang lebih dari desktop (sekitar 60%).

Sebagian besar pengguna memulai pencarian mereka di perangkat seluler dan kemudian melanjutkan di Desktop

Kesesuaian untuk seluler adalah faktor peringkat (untuk ditampilkan di hasil seluler Google)

Google sedang mengerjakan indeks yang mengutamakan seluler dan situs web yang tidak ramah seluler tidak akan disertakan

Tidak memiliki versi situs web yang ramah seluler (atau situs web responsif), berdampak negatif pada Skor Otoritas Domain Anda secara keseluruhan.

Petunjuk: Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan dukungan AMP (Accelerated Mobile Pages) ke situs web Anda. Baca panduan langkah demi langkah kami tentang cara menjadikan situs web Anda Ramah AMP.

Jika situs web Anda belum mobile-friendly, cara terbaik untuk memulai adalah dengan membuka Pengujian Ramah Seluler Google dan menjalankan pengujian untuk domain Anda.

Google akan memberi Anda laporan yang bagus dengan rekomendasi tentang cara membuat situs web Anda siap untuk seluler.

Langkah 5: Tingkatkan Kecepatan Halaman Anda

Salah satu ‘sinyal’ yang diketahui dari algoritme peringkat Google adalah kecepatan halaman. Situs web yang memuat lebih cepat, memiliki keunggulan tambahan dibandingkan situs web yang lebih lambat.

Meningkatkan kecepatan halaman Anda tidak hanya akan meningkatkan peringkat dan otoritas domain Anda, tetapi juga akan membuat pengalaman pengguna lebih baik dan ini berarti lebih banyak penjualan, prospek, dan pendaftaran.

Pentingnya Kecepatan Halaman Untuk SEO

Tidak selalu mudah untuk mengatasi masalah kecepatan halaman. Ada banyak elemen teknis yang terlibat dan jika Anda bukan seorang pengembang atau seseorang yang memiliki pengetahuan teknis, itu bisa sangat sulit.

Namun demikian, jika Anda tidak mampu menyewa pengembang untuk meningkatkan kecepatan memuat situs web Anda, Anda dapat memeriksa yang berikut ini:

Hapus plugin yang tidak perlu

Tingkatkan WordPress (dan plugin) ke versi terbaru mereka

Hubungi penyedia hosting Anda dan minta mereka memberikan laporan tentang kinerja server Anda. Jika perlu, tingkatkan ke server yang lebih kuat.

Gunakan plugin caching (seperti w3total cache)

Optimalkan ukuran file gambar

Gunakan layanan streaming (seperti YouTube) untuk video

Gunakan CDN (jaringan pengiriman konten) jika Anda memiliki file CSS yang besar dan banyak gambar

Langkah 6: Tingkatkan Sinyal Sosial Anda

Meskipun secara resmi Google telah berkali-kali menyatakan bahwa sinyal sosial bukan bagian dari algoritme Peringkat Google, ada pewarnaan yang jelas antara laman yang berperingkat tinggi di Google dan sinyal sosial.

Halaman yang populer di Google cenderung memiliki banyak like, share, dan tweet.

Untuk tujuan meningkatkan otoritas domain Anda, yang perlu Anda lakukan adalah:

Untuk bekerja di halaman bisnis Facebook Anda dan mencoba meningkatkan pengikut Anda

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki kehadiran media sosial yang aktif di beberapa jejaring sosial sehingga konten yang Anda bagikan akan mendapatkan daya tarik (suka, tweet, +1, dll)

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki tombol media sosial di halaman Anda untuk memudahkan pembaca membagikan konten Anda

Untuk memeriksa apakah konten Anda terlihat bagus saat dibagikan menggunakan tombol berbagi sosial

Langkah 7: Bersabarlah

Seperti yang disebutkan dalam pendahuluan posting ini, meningkatkan otoritas domain Anda bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dalam semalam.

Perayap Moz memerlukan waktu untuk membaca dan mengevaluasi situs web Anda setelah Anda membuat salah satu perubahan di atas, jadi Anda harus bersabar.

Bekerja secara sistematis untuk meningkatkan peringkat Google Anda juga akan berdampak positif pada skor otoritas domain Anda.

Kesimpulan

Sebagai penutup, jangan terlalu terobsesi dengan skor otoritas domain Anda. Itu hanya angka yang menunjukkan seberapa kuat domain Anda, dibandingkan dengan domain lain yang ada di database Moz.

Skor DA yang rendah tidak berarti bahwa situs web Anda tidak akan berkinerja baik di Google.

Skor DA yang tinggi berarti Anda berada di jalur yang benar, tetapi itu tidak menjamin bahwa Anda akan mendapatkan peringkat atau lalu lintas yang lebih baik, itu hanya prediksi.

Usahakan untuk selalu memikirkan gambaran besarnya, yaitu membangun situs web yang lama kelamaan akan mencapai rangking yang kokoh di Google dan mesin pencari lainnya.

Pos terkait