4 Amalan Sebelum Tidur Ala Rosulullah – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: 4 Amalan Sebelum Tidur Ala Rosulullah

4 Amalan Sebelum Tidur Ala Rosulullah


MEDIA 24 JAM:
 Rosulullah adalah panutan kita sebagai seorang muslim. Sebagai umat kita wajib meneladani akhlak, budi pekerti dan kepribadian beliau. Belia adalah salah satu makhluk allah yang paling sempurna setelah malaikat. Kepribadian beliau bisa kita amalkan lewat tata cara ia sebelum tidur.

Berikut amalan sebelum tidur yang dilakukan Rasulullah sebelum ia memulai tidurnya :

1. BERWUDHU

4 Amalan Sebelum Tidur ala Rosulullah

Pesan rasulullah sebelum tidur adalah selalu memposisikan diri dalam keadaan suci. Tidur tanpa Wudhu akan diganggu oleh jin. Oleh karena itu, ketika hendak tidur dikau jangan lupa untuk berwudhu, sebagai hadist berikut :

“apa bila engkau hendak mendatangi pembaringan (hendak mau tidur), maka hendak lah dikau berwudhu terlebih dahulu, sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat”.{HR. Al-Bukhari No. 247 dan muslim No. 2710}

2. MEMBACA DO’A

4 Amalan Sebelum Tidur Ala Rosulullah

Tidur dan bangun adalah hal yang paling sangat penting untuk keseharian kita, karena ini jadi akhir dan awal aktivitas kehidupan. Kematian dapat menghampiri kita kapan saja, termasuk saat kita tidur, dalam sabda rasulullah :

“Apabila Nabi Shallallahu `alaihi wassalam hendak diketika tidur , beliau mengucapkan Do`a : `bismika allahumma amuutu wa ahya` (dengan nama-mu, Ya Allah aku mati dan hidup). Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan : `Alhamdulillahilladzii ahyaana ba`da ma amtana wailaihi nusyur`(segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepadaNya lah tempat kembali).”{HR. Bukhari No. 6324}.

Baca Juga : Nabi Muhammad Saw Sebagai Penyempurna Akhlak Manusia

3.MEMBACA SURAT PENDEK

4 Amalan Sebelum Tidur Ala Rosulullah

Amalan sebelum tidur rasulullah adalah membaca surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. ataupun juz-30. Dari Aisyah RA. Berkata :

“Rasulullah shalallahu `Alaihi Wassalam apabila hendak beranjak ketempat tidur setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat Al-ikhlas, al-falaq dan an-naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu 3x {HR.Muslim}

4. MEMBERSIHKAN TEMPAT TIDUR

4 Amalan Sebelum Tidur Ala Rosulullah

Selain itu pesan rasulullah sebelum tidur adalah alangkah baiknya membersihkan tempat tidur kita terlebih dahulu. Rasulullah SAW bersab`da

“Apabila seseorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terbelih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada diatasnnya..”. pada hadist lain disebut kan kibasannya 3x {HR. Bukhari dan muslim}.

Baca Juga : Pengertian Sihir Dalam Islam Dan Cara Mengatasinya

Itu lah beberapa amalan yang sering dilakukan beliau (rasulullah) sebelum ia terlelap dalam tidurnya. Semoga kita dapat mencotoh kepribadian baik beliau sehingga kita dapat masuk surga nya allah. Dan didekatkan dengan beliau di akhirat/surga Amiin.

Pos terkait