Tips & Triks: Mencuci Helm Agar Bersih & Wangi

  • Whatsapp
Orapada

Mencuci helm agar bersih dan wangi biasanya dilakukan di tempat khusus. Padahal kita dapat melakukannya sendiri di rumah, loh. Bahkan hasinya juga tidak kalah bersih dan wangi. Mengingat helm adalah alat keselamtan saat berkendara, maka kebersihannya juga harus kita perhatikan.

Sebab, helm adalah alat keselamatan yang digunakan setiap saat. Jadi, akan sangat menganggu jika helm yang digunakan terasa kotor dan bau. Bagi kalian yang tidak memiliki anggaran lebih untuk mencuci helm, tidak usah khawatir. Sebab, kami memiliki tips & trik mencuci helm agar bersih dan wangi. Bahkan sekalipun dilakukan dirumah.

Cara Mencuci Helm Agar Bersih & Wangi

Umunya ketika kita memutuskan untuk mencuci helm di tempat pencucian maka biasnaya akan menghabiskan sekitar Rp 20.000,00 setiap pencucian satu helm. Yang perlu diperhatikan adalah masih jarangnya tempat pencucian helm di kota0 kota tertentu.

Namun, kalian tidak perlu khawatir sebab kalian juga dapat mencuci helm kalian sendiri dirumah. Bahkan, caranya tidak akan merepotkan kalian, loh. Sebab tidak perlu mesin khusus untuk membersikan helm agar menjadi bersih, higienis, dan wangi. Tidak terlalu sulit juga untuk mencuci helm sendiri. Berikut ini cara mencuci helm agar bersih & wangi.

Lepaskan Bagian Helm

Pertama yang dilakukan sebelum mencuci helm adalah mencopot bagian helm. Sebab, ada beberapa bagian helm yang harus dilepas. Sperti kaca helm. Ya, bagian ini memang wajib dibersihkan agar kaca tidak cepat buram dan menjaga visibilitas dalam berkendara. Bagi yang kesulitan melapasnya lebih baik jangan dipaksa. Biarkan saja kaca tersebut menempel pada helm, lalu kita membersihkannya dengan lap basah yang sudah dilengkapi cairan pembersih. Masbro juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan kotoran yang telah mengerak pada kaca helm.

Selanjutnya adalah melepas bagian busa. Biasanya busa bagian dalam helm ditempelkan dengan kancing ke batok helm bagian dalam, sehingga mudah dilepaskan jika ingin diganti atau dicuci. Informasi, bahwa helm yang bagus biasanya terdiri dari beberapa bagian. Sehingga ketika mencuci, kalian perlu melepaskannya agar maksimal hasilnya. Bagian tersebut yaitu batok helm/shell (lapisan luar), busa dan styrofoam (lapisan dalam), serta visor (kaca helm). Untuk helm yang telah memenuhi standar kelayakan keamanan.

Membersihkan Busa dan Styrofoam

Setelah bagian- bagian tersebut dilepaskan, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan busa dan styrofoam. Caranya adalah dengan merendam bagian tersebut dengan cairan sabun. Jadi, caranya sama dengan kalian ketika merendam pakaian. Waktunya yang diperlukan adalah sekitar 30 menit. Hal ini dilakuakn untuk menghilangkan kotoran, terutama yang susah untuk hilang. Apalagi jika helm tidak pernah dicuci hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan, tentunya kotoran akan sulit hilang apabila tidak kita rendam terlebih dahulu.

Saat mencuci bagian ini usahakan untuk tidak menggunakan detergen, sebab detergen mudah merusak busa helm, selain itu akan menimbulkan bau yang kurang sedap apabila tidak dibilas dengan bersih.

Setelah direndam maka selanjutnya adalah menyikatnya. Ketika menyikat busa helm, lakukanlah dengan hati-hati. Disarankan untuk menggunakan sikat berukuran kecil agar tidak merusak busa helm. Gunakan juga sikat yang mempunyai bulu halus. Sebagian orang memilih untuk merendamnya saja, tanpa menyikat untuk menjaga busa helm. Jadi, jika memutuskan untuk menyikat maka lakukanlah secara pelan-pelan sampai bersih. Selanjutnya jika sudah di sikat maka, kalian bisa membilasanya.

Bilaslah dengan tangan, jangan menggunakan mesin cuci. Lakukan secara hati –hati dimana kalian harus mengikuti kontur busa. Pastikan ketika membilas tidak ada busa yang tertinggal pada busa. Jadi, pastikan bahwa sabun yang ada di busa sudah bersih.

Setelah itu, kalian bisa langsung menjemurnya. Namun, jangan langsung menjemur di bawah sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja, baik secara natural atau dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer (pengering rambut). Pastikan busa dan styrofoam kering dan tidak lembab.

Membersihkan Batok Helm

Tips & Trik: Mencuci Helm Agar Bersih & Wangi
Tips & Trik: Mencuci Helm Agar Bersih & Wangi (Sumber Gambar: Google)

Langkah selanjutnya dalam mencuci helm agar bersih dan wangi adalah membersihkan bagian batoknya. Meskipun batok helm terbuat dari bahan yang kuat, saat mencuci bagian ini juga harus tetap hati- hati, loh. Jadi, dalam mncuci helm, baik untuk bagian luar maupun bagian dalam helm harus hati- hati. Gunakan sikat yang halus atau kanebo.

Cucilah bagian luar helm menggunakan air bersih, lalu keringkan dengan kain halus dengan cara menggosoknya secara merata hingga semua air bisa teresap. Usai dibersihkan dengan air dan dilap, disarankan untuk menggunakan lapisan lilin (wax) pada bagian luar agar warna cat helm tidak cepat memudar. Sebelum melakukan itu, pastikan bagian batok helm telah benar-benar kering dan bersih.

Selain mencuci bagian luar, kita harus membersihkan bagian-bagian terkecil helm agar tidak ada kotoran yang menempel. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan cotton bud atau sikat berukuran kecil. Lakukanlah sampai benar- benar bersih.

Baca Juga: Nggak Ribet! 4 Langkah Proses Mengurus Sidang Tilang

Membersihkan Kaca Helm

Langkah berikutnya dalam mencuci helm agar bersih dan wangi adalah membersihkan bagian kaca helm. Apabila kaca helm tidak bisa dilepas, maka dapat membersihkannya secara langsung dengan kain halus agar kaca helm tidak lecet. Selain itu juga bisa menggunakan wax pemoles motor, seperti KIT atau merek lainnya agar kaca helm tetap bening, sehingga bisa meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Untuk membuat visor atau kaca helm bersih, tak perlu menggunakan cairan kimia, sabun, atapun wax. Cukup bilas dengan air bersih dan lap dengan kanebo. Pada bagian ini disarankan tak menggunakan busa saat membilas, cukup dengan tangan yang menguikuti kontur kaca helm, terutama pada bagian samping.

Memasang Bagian Helm

Selanjutnya kalian bisa memasang kembali bagian- bagian helm yang dilepaskan. Pastikan bahwa, bagian tersebut telah benar- benar kering, ya. Saat memasangnya pastikan busa menempel secara sempurna. Biasanya sudah ada kait khusus untuk memasang busa helm dan apabila busa sudah terpasang sempurna maka akan terdengar suara “klek” sebagai tanda bahwa busa terkunci dengan baik pada batok helm.

Apabila sudah terpasang semua, kalian bisa mulai menyemprotkan parfum. Bisa juga menggunakan wewangian khusus yang berguna sebagai desinfektan. Sehingga, helm tidak hanya nyaman untuk digunakan, namun juga kuman penyebab bau tak sedap hilang.

Baca Juga: Tips & Trik Berkendara: 2 Trik Putar Balik Mobil Yang Mudah Dilakukan

Setelah semua bagian terpasang dan disemprotkan wewangian, helm dapat kembali menjemur helm dibawah sinar matahari dengan bagian dalam menghadap ke atas.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan dalam mencuci helm dengan hasil bersih dan wangi. Mengingat tidak semua kota memiliki tempat pencucian helm, maka tidak ada salahnya jika kalian melakukannya sendiri di rumah. Sehingga, helm yang kalian gunakan tetap bersih dan wangi.

Pos terkait