Sejarah Hero Group, Perintis Supermarket Terbesar Pertama di Indonesia Sejak 1970

  • Whatsapp
Bacalagers Media

MEDIA 24 JAM: Sejarah Hero Group, Perintis Supermarket Terbesar Pertama di Indonesia Sejak 1970 –

BACALAGERS MEDIA, Jakarta – Pemain besar di industri ritel tanah air, yaitu Giant Indonesia membawa kabar perpisahan dengan mengumumkan penutupan seluruh gerai yang akan dilakukan pada akhir Juli 2021 mendatang. Meski begitu Giant Indonesia tidaklah bangkrut.

Dilansir dari Twitter @GNFI Kamis (27/05), kesulitan di masa pandemi COVID-19 bukan jadi perkara utama dari langkah bisnis tersebut, mengingat salah satu merek usaha dari Hero Group ini sebenarnya sudah menunjukkan tanda-tanda keterpurukan jauh sebelum pandemi melanda.

Kerajaan bisnis ritel HERO Supermarket berawal dari HERO Minimarket yang dibuka pertama kali pada tanggal 23 Agustus 1971 oleh Muhammad Saleh Kurnia, kala itu Kurnia melihat banyak kalangan borjuis yang sering bepergian ke negara tetangga hanya untuk berbelanja makanan.

Baca juga: 10 Factory Outlet Baju Branded Murah di Jakarta

“Lihatlah orang-orang asing itu, mereka pergi ke Singapura 3 atau 4 kali hanya untuk berbelanja makanan barat dan minuman. Ini adalah kesempatan, kita bisa mengimpor makanan dan minuman yang mereka butuhkan dan kita bisa menjualnya lagi di Jakarta” ujarnya Kurnia dikutip dari laman resmi HERO, Kamis (27/05).

Supermarket pertama tersebut lalu dibuka pertama kali di Jl. Falatehan No. 23, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di tengah wilayah perumahan mewah.

Foto: Achmad Aji Rangga/Wikipedia

Dengan berbagai strategi operasional yang dilakukan Kurnia, dirinya berhasil membuat Hero Group menjadi pelopor supermarket pertama yang menghadirkan banyak usaha serupa dan mengikuti jejak Hero Group, namun belum ada yang mampu menjadi pesaing pada saat itu.

Berkat kegigihannya, Kurnia berhasil membuat Hero Group menjadi perusahaan ritel yang dihormati di Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi 15 Tempat Belanja Baju Murah di Jakarta

Targetnya untuk membuka satu gerai supermarket Hero setiap tahun nyatanya berhasil direalisasikan ketika pada tahun 1980 tercatat ada 9 cabang Hero supermarket di Jakarta.



Demikian sedikit wawasan untuk anda dari kami ini dengan judul Sejarah Hero Group, Perintis Supermarket Terbesar Pertama di Indonesia Sejak 1970 semoga bermanfaat untuk anda semua pembaca setia MEDIA 24 JAM.

Pos terkait