Batik bertemu Kpop saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain atasan gagah untuk Leeteuk dan Yesung Super Junior | MEDIA24JAM

  • Whatsapp

Kami tidak pernah membayangkan akan datang harinya ketika seorang pejabat tinggi Indonesia akan berinteraksi dengan idola K-pop dengan santai secara online, namun di sini kami bersama seorang gubernur merancang pakaian untuk yang terakhir, tidak kurang.

Dalam upaya untuk menarik pasar luas penggemar K-pop di Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kemarin memamerkan pola batik rancangannya, yang dikenakan oleh dua anggota boyband Super Junior. : pemimpin Leeteuk dan salah satu vokalis utama grup, Yesung.

Ridwan berterima kasih kepada Leeteuk dan Yesung karena telah memakai desainnya dalam caption-nya yang diawali dengan judul “Glokal”, menggabungkan kata-kata lokal untuk global dan lokal.

 

Lihat posting ini di Instagram

 

Sebuah pos dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil)

“Terima kasih bintang Kpop @xxteukxx dan @ yesung1106 dari @superjunior karena mengenakan batik Jawa Barat [from] @batikkomar yang saya rancang. Anda sekarang secara resmi siap untuk ‘pergi kondangan‘(pergi ke pernikahan) atau’ikut Pilkada‘(bersaing di Pilkada) di Indonesia. Kamsahamnida (terima kasih) dari Anda hyung, ” judulnya berbunyi, dengan Ridwan menyebut dirinya sebagai “kakak laki-laki” mereka dalam bahasa Korea, yang merupakan istilah yang digunakan oleh laki-laki untuk menyebut laki-laki yang lebih tua.

“Untuk gadis Indonesia, mereka (Super Junior) terlihat lebih lokal [with these batik tops] dan pasti tampak lebih mudah didekati. Ayo terus semangat mewujudkan batik Indonesia go international. Saya menggunakannya untuk diplomasi budaya, ”imbuh Ridwan mengakhiri caption dengan tagar #JabarJuara (#WestJavaChampion) dan #SmilingWestJava.

Ridwan yang berlatar belakang arsitektur ini sebelumnya telah mendesain sepasang motif batik. Ini termasuk pola yang disebut Garuda Kujang Kencana, dibuat bekerja sama dengan label batik asal Bandung Rumah Batik Komar pada tahun 2017. Polanya memiliki burung mitologi Garuda memegang dua kujang (belati tradisional sunda), dikelilingi oleh empat kujang lainnya.

Desainnya yang lain, disebut Batik Iron Man atau Telor Ceplok (sisi cerah ke atas), menampilkan delapan kujang yang melingkari lingkaran putih-oranye, yang hasilnya menyerupai matahari. Desain ini diproduksi oleh label asal Cirebon Batik Trusmi.

Kedua idola tersebut juga memposting tampilan batik mereka ke halaman Instagram masing-masing. Leeteuk mengenakan kemeja berwarna merah dengan motif Megamendung yang terkenal dari kota Cirebon, Jawa Barat ini dilapisi dengan blazer motif Garuda Kujang Kencana berwarna biru. Megamendung yang terkenal dengan corak awan dan warnanya yang berani diyakini telah dipengaruhi oleh pedagang Tionghoa di kota pelabuhan Cirebon pada masa lalu.

 

Lihat posting ini di Instagram

 

Sebuah pos dibagikan oleh 이특 leeteuk (@xxteukxx)

“Saya menerima hadiah batik yang dia rancang sendiri. Terima kasih Ridwan Kamil atas desain batik ini. Terima kasih Jawa Barat dan Indonesia. Aku mencintaimu, ”penyanyi bernama asli Park Jung-soo itu menulis di caption.

Diva Indonesia Rossa, Rekan label SuJu di SM Entertainment, juga tampak meninggalkan komentar dalam bahasa Sunda di postingan Leeteuk, menulis “Kang Leeteuk Terima kasih (Terima kasih).”

Sementara itu, Yesung mengenakan kaos Garuda Kujang Kencana kuning kehijauan berlapis blazer merah yang menonjolkan kedua corak tersebut.

 

Lihat posting ini di Instagram

 

Sebuah pos dibagikan oleh Yesung (@ yesung1106)

“Apakah itu cocok untukku? Terima kasih kepada #RidwanKamil yang mendesain batik ini. Terima kasih Jawa Barat dan Indonesia. Aku mencintaimu, ”tulis Yesung, nama asli Kim Jong-woon, dalam bahasa Indonesia.

Super Junior adalah salah satu talenta generasi kedua dari agensi K-pop SM Entertainment, yang memulai debutnya pada tahun 2005. Sejak itu mereka menjadi salah satu artis K-pop paling ikonik di negara itu, membantu menyebarkan Gelombang Hallyu di seluruh dunia. Debut dengan 13 anggota yang merupakan sesuatu yang tidak biasa bahkan di K-pop saat itu SuJu saat ini memiliki sembilan anggota aktif, sedangkan anggota Sungmin telah absen sejak 2015.

SuJu adalah salah satu dari beberapa grup K-pop besar yang telah menjaga hubungan dekat dengan Indonesia dan penggemarnya. Boyband ini telah mengadakan banyak konser di Tanah Air, dan para anggotanya telah mengunjungi Indonesia baik untuk perjalanan individu maupun sebagai grup. Saat ini, Siwon salah satu anggota SuJu yang paling terkenal adalah brand ambassador untuk lini mie yang terinspirasi dari Korea Mie Sedaap yang disebut Seri Pedas Korea, sementara Donghae baru-baru ini ditampilkan dalam video musik Rossa untuk single terbarunya, Hati yang Terluka.

Anggota SuJu juga telah memilih nama Indonesia mereka, yang telah digunakan oleh ELF Indonesia (Everlasting Friends, fanclub mereka) untuk menyebut mereka dengan penuh kasih sayang seperti Kadir untuk Leeteuk, Rangga untuk Yesung, Agung untuk Siwon, dan Hotman untuk vokalis Kyuhyun.

Artikel ini, Batik bertemu Kpop saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain atasan gagah untuk Leeteuk dan Yesung Super Junior, awalnya muncul di Coconuts, perusahaan media alternatif terkemuka di Asia.

Pos terkait