18 gadis di bawah umur diselamatkan dari jaringan prostitusi di Jakarta Barat | MEDIA24JAM

  • Whatsapp

Pihak berwenang telah menangkap dua pria atas dugaan peran mereka dalam jaringan prostitusi online yang melibatkan belasan remaja di Jakarta Barat.

Dalam penggerebekan yang dilakukan pada Rabu dan Jumat pekan lalu, polisi menangkap sedikitnya 75 orang dari dua hotel di daerah tersebut. Di antara mereka ada 18 gadis di bawah umur, yang diambil para mucikari setelah berkencan dengan mereka.

“Jumlah orang yang ditangkap di kedua lokasi tersebut adalah 75 orang, baik germo, pekerja seks, tamu, maupun karyawan di hotel,” kata Pujiyarto, Kepala Direktorat Pemuda, Anak, dan Wanita Jakarta Metro. Polisi, kata dalam sebuah pernyataan kemarin.

Para mucikari diidentifikasi sebagai AD berusia 27 tahun dan AP berusia 24 tahun. Juru bicara Polda Metro Jaya Yusri Yunus mengatakan para mucikari mencari gadis melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan MiChat.⁠ – yang terakhir adalah aplikasi perpesanan yang telah dikaitkan dengan pekerja seks online di Indonesia. Para korban dan tersangka akan bertemu di tempat nongkrong atau tempat makan, di mana mereka kemudian akan menawarkan mereka untuk menjadi pacar mereka dan membawa mereka ke kamar hotel untuk menghabiskan beberapa hari bersama.

Dalam hal ini, Yusri mengatakan, para tersangka akan berhubungan seks dengan mereka ⁠— yang dihitung sebagai pemerkosaan menurut undang-undang ⁠— sambil juga menawarkan mereka untuk prostitusi melalui MiChat.

“Para tersangka menawarkan para korban kepada calon klien laki-laki melalui aplikasi MiChat sebagai perempuan ‘BO’ dengan biaya mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000 (US $ 21 hingga US $ 34,90),” kata Yusri, merujuk pada pemesanan online, istilah yang banyak digunakan. digunakan untuk orang yang menawarkan pekerjaan seks di media sosial.

“Dengan setiap transaksi, germo akan mendapat bagian dari Rp50.000 hingga Rp100.000 (US $ 3,49 hingga US $ 6,97).”

Para korban dilaporkan menggunakan bagian uang mereka untuk membayar kamar dan kebutuhan sehari-hari mereka.

Baik AD dan AP saat ini ditahan, sedangkan korban di bawah umur telah ditahan dibawa ke tempat penampungan yang dioperasikan oleh Kantor Pusat Pemberdayaan Perempuan dan Anak Terpadu (P2TP2A) dan Pusat Rehabilitasi Sosial Anak Terancam Punah Handayani di Jakarta Timur, yang dioperasikan oleh Kementerian Sosial.

Para tersangka telah didakwa dengan berbagai pelanggaran, termasuk eksploitasi seksual terhadap anak, mendistribusikan konten cabul berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan prostitusi di bawah KUHP. yang bisa membuat mereka dipenjara hingga 10 tahun.

Itu Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyarankan agar MiChat diawasi secara ketat, karena platform chat telah menjadi media bagi para mucikari untuk menawarkan layanan haram kepada anak di bawah umur dalam beberapa tahun terakhir. KPAI juga mencontohkan bahwa terdapat peningkatan yang mengkhawatirkan dalam kasus prostitusi anak sejak awal pandemi COVID-19, di mana anak-anak biasanya jatuh cinta pada janji uang mudah tanpa menyadari risikonya.

 

Baca juga:

Anak politikus Bekasi yang dituding melakukan pemerkosaan itu menyerahkan diri ke polisi

Hotel hemat Tebet menutup prostitusi di bawah umur

Model dewasa Indonesia Cynthiara Alona ditangkap karena ‘prostitusi hotel’

Polisi membongkar jaringan prostitusi yang berbasis di apartemen Jakarta Pusat, 12 gadis di bawah umur berhasil diselamatkan

Artikel 18 gadis di bawah umur yang diselamatkan dari jaringan prostitusi di Jakarta Barat ini awalnya dimuat di Coconuts, perusahaan media alternatif terkemuka di Asia.

Pos terkait