Ikuti 7 Tips Bertahan Hidup Untuk Anak Rantau Agar Mencapai Kesuksesan

  • Whatsapp

Bertahan hidup di tanah rantau memang bukanlah hal mudah. Sebab kamu harus jauh dari orang tua dan kerabat serta berjuang sendiri di tempat yang asing tanpa bantuan atau dukungan siapapun. Sepintas hal ini memang terdengar menakutkan. Namun, bagi mereka yang memiliki tekad kuat, pasti akan bisa mencapai kesuksesan di tanah rantau.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 7 tips bertahan hidup untuk anak rantau agar mencapai kesuksesan:

Punya Alasan Kuat





Punya alasan yang kuat/pexels.com

Hal pertama yang menjadi modal dasar adalah memiliki alasan kuat untuk bertahan hidup di tanah rantau. Mulai dari, keinginan untuk sukses berkarier, sukses menjalankan bisnis, berhasil menimba ilmu, dan banyak lagi lainnya. Tetapkan tujuan yang personal sehingga kamu akan berjuang keras untuk mencapainya. Usahakan tujuan tersebut berasal dari keinginanmu sendiri, bukan keinginan atau dorongan orang lain.

Cari Tahu Informasi Tanah Rantau

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu informasi mengenai tempat rantau tersebut. Seperti halnya kondisi geografis, budaya setempat, adat istiadat, agama mayoritas, biaya hidup, dan banyak lagi lainnya. Hal ini akan menjadi bekal penting untuk menjalankan aktivitas di sana. Jangan sampai kamu melanggar budaya atau adat istiadat setempat yang bisa membuatmu dikucilkan.

Tingkatkan Skill Adaptasi




Skill adaptasi
Skill adaptasi/pexels.com

Selanjutnya, kamu perlu meningkatkan skill adaptasi agar bisa sukses di tanah rantau. Mulai dari kemampuan komunikasi, kecerdasan interpersonal, kemampuan pemecahan masalah, kerja sama tim, kemampuan berorganisasi, dan lainnya. Hal ini bisa membantumu untuk mudah berinteraksi dengan orang baru di tanah rantau.

Hidup Hemat

Tidak bisa dipungkiri, hemat menjadi senjata ampuh bagi mereka yang hidup di tanah rantau. Perantau harus pintar-pintar menekan pengeluaran agar tidak kebablasan dan membuat keuangan kacau. Hal ini juga termasuk keahlian dasar agar bisa bertahan hidup dan tetap bisa makan dan hidup dengan nyaman di tanah rantau. Sebab saat kehabisan uang, tidak ada tempat yang bisa jadi perlindungan seperti rumah ataupun orang tua.

Perluas Network




Network
Network/pexels.com

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memperluas network. Sebab relasi yang luas bisa memiliki banyak manfaat saat tinggal di tanah rantau. Diantaranya adalah bisa berkolaborasi untuk mencapai tujuan pribadi atau bersama, menambah wawasan, membuka peluang baru, dan banyak lagi lainnya.  

Tingkatkan Skill dan Pengetahuan

Untuk sukses di dunia karier, perantau juga perlu meningkatkan skill dan pengetahuan. Usahakan tidak stagnan dalam jangka waktu panjang, sebab kompetisi di tanah rantau cukup tinggi. Jika kamu tak mampu bersaing, maka kamu akan kalah. Kamu bisa meningkatkan skill dan pengetahuan dengan mengikuti beragam seminar, membaca buku, diskusi dan banyak lagi lainnya.

Pantang Menyerah dan Tahan Banting




Pantang menyerah
Pantang menyerah/pexels.com

Terakhir, moralitas yang penting kamu miliki saat jadi perantau adalah pantang menyerah dan tahan banting. Sehingga kamu tidak mudah digoyahkan oleh satu atau dua masalah yang menghadang. Saat jatuh, rugi, atau gagal, kamu akan bangkit lagi dan mengejar kesuksesan kembali.  

(arm2/arm2)

Pos terkait