Penyebab dan Cara Mengatasi Perempuan yang Gampang Bad Mood Saat Haid

  • Whatsapp
Jakarta

Setiap perempuan pastinya akan mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya terutama bagi para perempuan usia produktif. Biasanya, saat akan mengalami menstruasi ada beberapa para perempuan yang mengalami kram dan nyeri yang dapat membuat perempuan juga mengalami perubahan suasana hati yang buruk, seperti mudah marah, sedih, menangis, dan lainnya. Keadaan yang membuat suasana hati buruk  biasa disebut PMS yang memicu ketidakstabilan.

Kira-kira apa aja sih penyebab bad mood tersebut?

Hormon yang naik turun





sumber : freepik

Saat sedang haid, hormon estrogen dan progesteron sangat mempengaruhi kondisi perempuan sehingga dapat mempengaruhi nafsu makan, mood, dan pola tidur. Emosi perempuan juga cenderung tidak stabil dan sangat sensitif. Sebenarnya hal ini adalah hal yang wajar karena pengaruh hormonal. Namun, apabila hal ini sangat mengganggu kalian, sebaiknya segera konsultasi ke dokter ya!

Kurang tidur




sumber : freepik
sumber : freepik

Kurang tidur ternyata juga mempengaruhi suasana hati, lho. Saat mengalami haid, hormon serotonin perempuan akan menurun dan sangat mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, sebaiknya kalian jangan begadang ya jika tidak ada kepentingan mendesak, seperti menyelesaikan deadline. Ada baiknya kalian dapat mengatur jadwal dengan baik.

Stres




sumber : freepik
sumber : freepik

Ketika kalian sedang mengalami stres atau sedang banyak pikiran, maka suasana hati kalian menjadi tidak menentu. Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, maka akan berdampak pada kesehatan mental kalian. Ada baiknya kalian dapat melakukan hal yang positif untuk mengatasi bad mood

Nah itu adalah beberapa penyebab, perempuan bad mood saat sedang mengalami haid, namun gimana sih cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini!

Melakukan olahraga




sumber : freepik
sumber : freepik

Olahraga adalah salah satu cara untuk mengatasi bad mood yang muncul tiba-tiba, apalagi di saat sedang mengalami haid. Karena saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan perasaan senang dan dapat meredakan stres. 

Minum air putih yang banyak




sumber : freepik
sumber : freepik

Ada baiknya saat sedang haid, kalian minum banyak cairan ya ladies. Sebaiknya hindari minuman bersoda, beralkohol, atau kafein. Karena hal tersebut akan membantu tubuh kalian agar tidak merasa kelelahan. 

Istirahat yang cukup




sumber : freepik
sumber : freepik

Kalian juga perlu beristirahat yang cukup untuk mengatasi bad mood saat haid. Kalian bisa menggunakan penutup mata saat tidur agar lebih nyenyak. Usahakan tidur selama 7 hingga 8 jam ya, ladies!

Well, itu tadi penyebab dan cara mengatasi bad mood saat yang dialami perempuan saat sedang haid. Tetap jaga kesehatan, ya!

(mel/mel)

Pos terkait