Fungsi Dan Jenis Kaca Spion Mobil Yang Penting Untuk Diketahui

  • Whatsapp
Orapada

Fungsi Kaca Spion Mobil – Kaca spion mobil merupakan komponen yang penting. Meski memiliki ukruan yang kecil, namun fungsi dan peranan akan komponen yang satu ini sangatlah penting bagi kendaraan. Sehingga kita tidak dapat menyepelekan komponen yang satu ini. Secara umum, kaca spion mobil terdiri atas beberapa jenis yang tentunya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Alat kelengkapan kendaraan ini harus dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor dan tetap harus digunakan saat berkendara baik kendaraan motor ataupun mobil.

Dengan fungsinya yang penting, maka kepolisian lalulintaspun menerapkan tilang bagi kendaraan yang tidak memiliki spion yang sesuai standar atau kendaraan yang sama sekali tidak memiliki spion. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan jenis kaca spion pada mobil. Sehingga Anda akan mampu memaksimalkan penggunaan spion mobil dengan baik. Sebab masing- masing spion pada mobil memiliki fungsi masing- masing.

Fungsi Kaca Spion

Komponen kecil yang satu ini bukan hanya aksesoris pemanis dalam mobil. Bahkan kaca spion memiliki fungsi yang sangat penting. Spion kendaraan umumnya digunakan untuk melihat area belakang dengan mudah agar dapat berkendara secara aman. Spion kendaraan ini menjadi alat bantu berkendara yang penting dalam mengurangi risiko kecelakaan. Dengan menggunakan spion kendaraan, pengendara tidak akan sembarangan berkendara yang mungkin dapat membahayakan keselamatan dirinya.

Namun ternyata ada fungsi yang lebih dari kaca spion mobil. Fungsi yang pertama yaitu menjaga body kendaraan. Hal ini khususnya untuk kendaran mobil agar tidak mudah disenggol atau diserempet oleh pengguna kendaraan lain. Fungsi yang kedua adalah mencegah terjadinya tindak kejahatan. Dimana kaca spion kendaraan akan memudahkan kita untuk tetap awas terhadap hal mencurigakan di jalanan seperti pelaku begal atau copet yang membuntuti kendaraan Sahabat dari belakang.

Fungsi yang ketiga adalah menjadi “mata” bantuan saat parkir paralel. Hal ini akan memudahkan Sahabat memposisikan kendaraan secara tepat agar tidak bersinggungan dengan kendaraan lain saat sedang parkir. Fungsi yang terakhir yaitu membantu merapikan diri: khususnya bagi kendaraan motor yang fungsinya untuk bercermin setelah menggunakan helm motor yang membuat kondisi rambut menjadi berantakan.

Fungsi Kaca Spion Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Kaca Spion Mobil

Setiap jenis kendaraan memiliki jenis spion yang berbeda. Dibandingkan dengan motor roda dua, tentu kendaraan mobil lebih banyak memiliki jenis kaca spion. Setiap jenis juga mempunyai fungsi atau tugasnya masing- masing. Jadi, secara umum, kaca spion mobil terdiri atas beberapa jenis yang tentunya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Apa saja jenis kaca spion mobil dan masing-masing fungsinya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Kaca Spion Mobil Luar

Jenis spion mobil yang akan kita bahas pertama adalah spion mobil luar. Pasti setiap orang sudah mengetahui letak dan bentuk dari spion luar mobil. Ya, Spion mobil luar ini sama seperti spion motor yang berjumlah 2 buah. Dimana letaknya ada di sebelah kanan dan kiri bagian depan samping badan mobil. Atau lebih tepatnya kaca spion yang satu ini terletak di ujung atas pintu atau di pilar A. S Dengan spion kendaraan ini, pengguna mobil akan melihat sisi belakang kiri dan kanan mobil sehingga dapat mengetahui kondisi atau kendaraan di area belakang mobilnya.

Baca Juga: Pentingnya Safety Driving Saat Berkendara Demi Keselamatan

Adapun sudut kaca spion luar ini bisa diatur secara manual atau elektrik yang bisa dimaksimalkan fungsinya dengan cara mengatur posisi mengemudi yang benar dan nyaman. Fungsi lain spion luar mobil yaitu mampu memperlihatkan seperempat bodi mobil. Spion luar mobil ini memiliki 2 sistem pengaturan yaitu cara manual dan elektrik.

Kaca Spion Mobil Dalam

Kaca spion mobil selanjutnya adalah kaca spion mobil yang terletak di dalam atau biasa disebut spion dalam mobil. Spion yang satu ini terletak pada bagian dalam mobil sebagai interior, pada umumnya menempel pada plafon mobil di bagian depan dekat kaca. Lebih tepatnya terletak di di dalam kabin mobil, terdapat kaca spion yang menempel pada bagian kaca atas. Namun ada juga beberapa produsen mobil yang meletakkan spion dalamnya menempel jadi satu dengan kaca depan.

Fungsi Kaca Spion Mobil
Fungsi Kaca Spion Mobil (Sumber Gambar: Google)

Fungsi spion dalam ini adalah untuk membantu pengemudi melihat objek yang berada di sisi belakang mobil. Hal ini berguna ketika parkir mundur atau saat mengatur jarak dengan kendaraan yang berada di belakang mobil. Spion dalam ini diatur menggunakan cara manual. Pengemudi sendiri yang akan mengatur arah dan sudut kaca spion tersebut. Beberapa model kaca spion dalam juga dilengkapi spion yang bisa mereduksi pancaran sinar lampu dari mobil belakang.

Kaca Spion Mobil Tambahan

Jenis kaca spion mobil yang terakhir adalah spion tambahan. Jenis kaca spion mobil ini digunakan sebagai pelengkap kaca spion mobil yang sudah ada. Beberapa pabrikan mobil membekali produk buatannya dengan spion tambahan. Pada umumnya spion tambahan ini berukuran kecil yang dipasang diatas fender bagian depan. Biasanya diletakkan menempel dengan spion luar, berguna untuk objek yang ada di titik buta (blind spot) yang tidak tertangkap pada spion standar di mobil. Spion tambahan ini, ada juga yang diletakkan di atas fender ban depan, yang berfungsi sebagai pengukur jarak roda dengan trotoar, got atau pembatas jalan lainnya.

Spion ini pada umumnya memiliki bentuk cembung. Spion cembung ini sangat berguna pada saat parkir atau melewati jalanan yang sempit. Pengemudi bisa melihat roda depan siis penumpang dengan trotoar atau pinggir jalan yang dilaluinya. Dengan demikian, maka pengemudi bisa meminimalisir peluang roda menyerempet trotoar atau terperosok kedalam got.

Baca Juga: 5 Tips Berkendara: Mengemudi Di Jalan Tol Untuk Pemula

Itulah fungsi dan jenis spion mobil yang perlu dipahami. Sebab hal ini akan sangat membantu Anda ketika mengendarai mobil. Jadi, perlu dingat bahwa kaca spion mobil atau di kendaraan lainnya bukan hanya sekedar aksesoris. Namun, memiliki fungsi yang penting ketika Anda berkendara. Adanya kaca spion yang lengkap pada mobil Anda akan membantu berkendara dengan aman dan nyaman tentu menjadi hal yang selalu di inginkan oleh setiap pengguna jalan.

Pos terkait