Tak Selalu Buruk, Ini 5 Pelajaran Berharga Saat Tidak Punya Uang

  • Whatsapp

Saat di posisi terbawah, kita seringkali menemukan dan fokus hal-hal negatifnya saja. Padahal, kondisi terpuruk bisa jadi memberimu banyak pencerahan dan kebijaksanaan hidup. Bahkan sangat mungkin tidak didapatkan saat hidupmu baik-baik saja atau saat berjaya.

Sama halnya ketika kamu sedang bokek atau tidak punya uang. Sebagian orang memilih untuk menghukum atau mencaci maki diri sendiri sembari terus menengok ke atas. Tidak henti membandingkan diri dengan orang yang lebih baik. Padahal, jika coba merenung sejenak dengan kacamata objektif, kamu bisa melihat banyak hal baik saat tidak memiliki uang.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 pelajaran berharga yang kamu dapatkan saat tidak punya uang:

Lebih Bisa Menghargai Uang


Menghargai uang/pexels.com

Saat kamu sedang bokek, kamu akan merasa lebih bisa menghargai uang. Hal ini bisa dianalogikan saat puasa, dimana hanya buka puasa dengan air putih saja sudah melegakan dan membahagiakan. Sama halnya saat sedang bokek, selembar uang 10 ribu yang kamu temukan di kantong pun bisa begitu menyenangkan.

Cerdas Menemukan Peluang

Peluang
Peluang/pexels.com

Saat tidak punya uang, otakmu akan dituntut bekerja guna mencari peluang penghasilan tambahan. Alih-alih tenang bak berada di zona nyaman, otakmu terus berpikir dan mencari berbagai alternatif untuk menambah pundi-pundi uang seoptimal mungkin.

Jika biasanya kamu melihat barang bekas hanya sebagai sampah, saat tidak punya uang kamu bisa melihatnya sebagai tumpukan uang. Lalu kamu berusaha untuk mengolahnya sedemikian rupa agar bisa dijual dan mendapatkan uang.

Selalu Bersyukur

Selalu bersyukur
Selalu bersyukur/pexels.com

Krisis keuangan juga mengajarkan kita untuk pandai bersyukur dengan nikmat yang diberikan Tuhan. Meski tidak punya uang, kamu tidak berhenti menyoroti hal-hal negatif saja, melainkan hal baik yang bisa kamu dapatkan. Seperti masih bisa bernafas, masih punya kesehatan, masih memiliki anggota tubuh yang lengkap, dan masih bisa beraktivitas dengan normal.

Alhasil tidak memiliki uang bukanlah neraka kehidupan, melainkan suatu kondisi yang melahirkan kebijaksanaan dalam hidup. Bukan berarti lantas kamu malas-malasan dan tidak berupaya untuk mendapatkan uang, tetapi bisa mengambil hal positif dari keterpurukan sebagai bekal kekuatan di masa depan.

Tetap Rendah Hati

Rendah hati
Rendah hati/freepik.com

Orang yang pernah mengalami hal buruk, biasanya memahami betul perasaan saat berada di titik itu. Ia jadi tidak mudah mencemooh orang lain yang memiliki kondisi sama. Sama halnya saat tak punya uang, kamu akan bisa bersikap rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Sebab kamu sadar, kamu dalam kondisi terbatas.

Sementara itu, saat kondisi keuangan mulai membaik, kamu tidak akan sombong apalagi kepada orang-orang yang memiliki kondisi finansial di bawahmu. Kamu jadi lebih bisa menghargai dan bersikap baik terhadap orang lain.

Belajar Berhemat

Belajar berhemat
Belajar berhemat/pexels.com

Pelajaran berharga selanjutnya adalah mengajarkan untuk hidup hemat. Dengan uang yang terbatas, kamu akan berusaha untuk berhemat sedemikian rupa. Makan dengan makanan yang cukup dan tidak berlebihan. Berbelanja barang yang memang dibutuhkan dan tidak membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Hal ini bisa saja tidak didapatkan oleh orang yang merasa kaya. Mereka bisa terjerumus dalam kebiasaan boros yang ujungnya bikin keuangan kacau bahkan berhutang.

Itulah 5 pelajaran yang bisa kamu dapatkan saat tidak punya uang. Selalu pakai kacamata objektif saat dalam kondisi apapun dan jangan lupa mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya.

Pos terkait