Helm Full Face VS Helm Half Face, Pilih Yang Mana?

  • Whatsapp
Orapada

Helm full face vs helm half face adalah jenis yang paling sering di pilih oleh masyarakat Indonesia untuk digunakan saat berkendara dengan sepeda motor. Masing- masing dari kedua jenis helm ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, manakah yang lebih baik dipilih? Artikel kali ini akan mengulas mengenai helm full face vs helm half face. Mana yang lebih baik?

Helm Full Face VS Helm Half Face

Penggunaan helm diatur dalam pasal 57 ayat 1 dan 2 Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor,

(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia,” tulis pasal tersebut.

Apabila melanggar pihak kepolisian takan mengenakan denda sesuai dengan pasal 291 UU No.2009 yakni sebesar Rp 250 ribu atau kurungan penjara paling lama satu bulan. Hal ini sesuai dengan bunyi pasala 291.

“(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Saat ini, helm tidak hanya mempunyai fungsi untuk keamanan namun juga digunakan sebagai style dalam berkendara. Maka, tidak heran jika di pasaran banyak sekali jenis helm full face maupun half face yang fashionable, bukan?
Namun, balik lagi kepda fungsi utama helem sebagi pelindung, kira- kira lebih baik mana anatara helm full face vs helm half face, ya?

Helm Full Face

Pertama mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari helm full face. Dari segi tampilan helm, tentu saja akan sesuai dengan namanya. Dimana helm yang satu ini memiliki desain menutup seluruh wajah pengguna. Bahkan mencapai sebagian leher juga akan tertutupi oleh helm full face ini. Helm ini dilengkapi dengan pelindung di bagian dagu dan pipi. Sehingga, tidak hanya melindungi bagian kepala namun juga dapat melindungi bagian rahang secara maksimal. Selain itu, helm full face juga memiliki bentuk yang sangat tertutup.

Jadi, jenis helm yang satu ini merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Bahkan sebagian leher juga akan tertutupi oleh helm full face ini. Saat dikenakan, orang-orang mungkin tidak akan mengenali Anda. Dikarenakan dapat melindungi seluruh kepala hingga rahang, biasanya helm yang satu ini cenderung berat. Ya, ada bobot lebih pada helm yang satu ini.

Helm Full Face VS Helm Half Face (Sumber Gambar: Google)

Apabila ingin menggunakan helm full face maka disarankan untuk menggunakan helm yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran kepala. Meskipun saat ini helm full face telah dilengkapi dengan alat untuk sirkulasi udara, namun ada baiknya kita juga tidak menggunakan jenis helm yang satu ini terlalu pas. Sehingga, sirkulasi darah juga tidak akan terganggu. Sebab, ukuran helm yang terlalu sempit dan mengingat helm full face menutupi seluruh wajah, maka dapat membuat pengendara tidak nyaman dan pusing jika menggunakan helm terlalu ketat.

Biasanya helm jenis ini digunakan digunakan untuk riding berat, seperti touring atau melakukan perjalanan jarak jauh (antar kota), berkendara di tengah cuaca buruk (angin kencang, badai dan hujan). Atau lebih sering digunakan untuk berkendara dengan jarak jauh. Selain untuk berkendara dengan jarak jauh, helm full face pun kerap digunakan untuk balapan atau berkendara dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena helm ini cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin yang bisa mengaburkan konsentrasi para pembalap.

Helm Half Face

Apabila helm full face memberikan perlindungan maksimal pada bagian kepala dan rahang, helm half face ini lebih berfokus dalam perlindungan bagian kepala saja. Sesuai dengan namanya, helm half face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, tapi masih tetap memperlihatkan wajah kita. Artinya tidak tertutup seperti helm full face.

Helm Full Face VS Helm Half Face
Helm Full Face VS Helm Half Face (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, helm half face pun lebih mudah dipakai dan dilepaskan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari. Mengingat hanya menutup sebagian wajah saja, helm half face pun baik digunakan saat cuaca sedang baik, dan kebutuhan riding dalam kota saja. Sementara untuk riding berat atau kondisi lainnya, Anda lebih disarankan menggunakan helm full face.

Baca Juga: Tips & Trik Berkendara: 2 Trik Putar Balik Mobil Yang Mudah Dilakukan

Kelebihan dari helm half face lainnya adalah jangkauan pandang yang lebih luas jika helm full face. Ya, hal ini dikarenakan desain dari Helm half face begitu terbuka di bagian wajah pengendara.

Helm Full Face vs helm Half Face, Pilih Mana?

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing masing jenis helm, maka selanjutnya untuk memilih helm adalah dengan mengetahui kebutuhannya. Apabila Anda menggunakan motor untuk kegiatan jarak jauh, helm full face jauh lebih aman untuk dipilih. Mengingat, perlindungan yang diberikan lebih maksimal. Sedangkan, apabila Anda menggunakan motor untuk kegiatan sehari- hari, maka Anda dapat memilih half face. Sebab, memasang dan melepaskan helm yang satu ini lebih praktis. Selain itu, helm jenis ini lebih ringan jika dibandingkan dengan helm full face.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Helm menjadi perangkat keselamatan yang wajib digunakan oleh pengendara motor saat berkendara. Maka, gunakanlah helm yang nyaman untuk digunakan. Mengingat setiap pengendara mempunyai pilihan jenis helm yang nyaman untuk digunakan sendiri sendiri. Meskipun dari segi keamanan helm jenis full face lebih memenuhi stndar kemanan, namun berat dan jarak pandang yang terbatas jika menggunakan helm ini juga perlu difikirkan. Selain itu, mengingat sirkulasi udara, bagi orang yang memiliki masalah pernafasan tentu tidak akan memilih helm jenis ini, bukan?

Sebaliknya, meskipun helm half face tidak melindung kepala sampai rahang, namun praktis digunakan dan mempunyai jangkauan pandangan yang lebih luas. Bagi pengendara yang menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari- hari, pasti akan memilih helm jenis ini untuk alat kemanan mereka. Selain itu, memastikan kenyamanan dalam menggunakan helm, kita juga perlu mematikan helm yang digunakan telah sesuai standar. Baik itu standar nasional maupun internasional. Itulah rangkuman mengenai helm full face vs helm half face, jadi pilihlah sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Pos terkait